Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 05:17 WIB

KPK Jadikan 2 Kadis Pemprov Jatim Tersangka Suap

Oleh : Ivan Setyadi | Jumat, 6 Juli 2018 | 21:22 WIB

Berita Terkait

KPK Jadikan 2 Kadis Pemprov Jatim Tersangka Suap
Wakil Ketua KPK Saut Situmorang - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Dua kepala dinas Porivinsi Jawa Timur kembali jadi tersangka di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Keduanya masing-masing Moch. Ardi Prasetiawan selaku Kadis Perindustrian dan Perdagangan, dan M.Samsul Arifien, Kadis Perkebnan.

"Kedua tersangka selaku kepala dinas diduga memberikan hadiah atau janji terkait fungsi pengawasan dan pemantauan oleh DPRD Jatim terhadap pelaksanaan perda dan penggunaan anggaran Provinsi Jatim TA 2016-2017," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat menggelar konfrensi pers di KPK, Jumat (6/7/2018).

Keduanya, disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau pasal 5 ayat (1) huruf b atau pasal 13 UU. No.31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

"Kasus ini merupakan pengembangan dari kasus yang sama dimana sebelumnya sudah 7 orang ditetapkan sebagai tersangka," ungkap Saut.

Ketujuh tersangka sebelumnya masing-masing Mochmada Basuki (Ketua Komisi B DPRD Jatim. Rahman Agung dan Muhammad Santoso (staf DPRD Jatim. Moh. Kabil Mubarak (Anggota DPRD Jatim). Bambang Heriyanto (Kadis Pertanian Jatim). Anang Basuki Rahmat (PNS Dinas Pertanian) dan Rohayati (Kadis Peternakan).

"Ketujuh tersangka itu sudah divonis di Pengadilan Tipikor Surabaya," cetus Saut.

Kasus ini bermula dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Juni 2017 di Kantor DPRD Jatim. Dimana KPK mengamankan uang sebesar Rp150 juta sebagai bagian dari komitmen fee yang totalnya mencapai Rp600 juta terkait pengawasan DPRD terhadap pelaksanaan Perda dan pengunaan anggaran di Provinsi Jatim.[jat]

Komentar

x