Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 10:52 WIB

Hutan Jati di Petak 56 KPH Mojokerto Terbakar

Jumat, 6 Juli 2018 | 18:28 WIB

Berita Terkait

Hutan Jati di Petak 56 KPH Mojokerto Terbakar
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Mojokerto - Hutan pohon jati di Petak 56 Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kemlagi, KPH Mojokerto, Jum'at (6/7/2018) siang terbakar. Api membakar tumpukan daun-daunan dan ilalang kering yang terdapat di area pohon jati hingga seluas 11 hektar.

Hembusan angin kencang di lokasi kebakaran sempat menyulitkan proses pemadaman api. Petugas KPH berupaya memadamkan api memakai ranting pohon dan bambu untuk memadamkan api dengan cara memukul-mukul agar api padam dan membuat sekat agar kebakaran tidak merembet.

Asper Perhutani BKPH Kemlagi, KPH Mojokerto, Tukani mengatakan, penyebab kebakaran hutan jati tersebur diduga karena ulah orang yang tidak bertanggung jawab. "Kalau dilihat dari pinggir jalan, dugaan kebakaran ini dikarenakan adanya ulah orang iseng," ungkapnya.

Masih kata Tukani, ada sekitar 11 hektar lahan yang terbakar. Menurutnya, jika musim kemarau kebakaran hutan bisa dipastikan terjadi. Sementara saat musim hujan, maka banyak pohon tumbang sehingga pihaknya mendirikan posko siaga bencana alam.

"Kita juga membentuk LMDH di masing-masing desa, minimal 5 sampai 15 orang. Tujuannya agar pasukan regu tanggap kebakaran hutan dan jika waktu-waktu ada titik api petugas akan mendatangi TKP. Jika tidak mampu maka akan meminta bantuan di sekitar hutan," jelasnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x