Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 September 2018 | 21:09 WIB

Bom Pasuruan adalah Jenis Bom Ikan

Jumat, 6 Juli 2018 | 17:11 WIB

Berita Terkait

Bom Pasuruan adalah Jenis Bom Ikan
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menyatakan jenis bom yang meledak di Bangil Pasuruan adalah berjenis low explotion atau berdaya ledak rendah.

"Hasil kita sudah fix, tidak terbantahkan lagi. Ini sesui hasil laboratorium forensik sesuai sientic identification bahwa bom tersebut low explosive, jenis bom ikan atau yang masyarakat kenal dengan bondet," ujar Barung, Jumat (6/7/2018).

Barung membantah bahwa bom tersebut memiliki daya ledak tinggi serta jenis bom rakitan yang sama dipakai pelaku teroris saat peristiwa pengeboman di Surabaya beberapa waktu lalu.

Dan bom tersebut tidak sengaja diledakkan oleh pemiliknya, melainkan karena faktor human error saat merakitnya, "Bom meledak sendiri saat dirakit karena human error yang melukai anaknya," tambahnya.

Selanjutnya, terkait identitas pelaku. Barung mengatakan, kepolisian saat ini sudah mengantongi identitas pelaku sebenarnya dan sekarang tengah dalam perburuan petugas.

"Bahwa kita sudah identifikasi, meskipun yang bersangkutan pakai tiga identitas. Jelas terang benderang dan petugas saat ini sedang melakukan pengejaran," tegasnya.

Pihaknya pun tak menampik jika pelaku masih ada kaitan dengan jaringan bomber di Surabaya.

Untuk diketahui, empat ledakan akibat bom rakitan terjadi di sebuah rumah kontrakan milik Saprani di jalan Pepaya RT 01 RW 01 yang berada di Desa Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Kamis (5/7/2018) siang.

Rumah tersebut telah dikontrak oleh pelaku berinisial An dan istri serta seorang anak beberapa waktu lalu. Atas kejadian ini petugas kepolisian sementara mengamankan wanita berinisial DR. Sedangkan An terduga pelaku teroris berhasil melarikan diri dan tengah diburu petugas kepolisian. [beritajatim]

Komentar

x