Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 01:33 WIB

KM Saleho Nyaris Tenggelam Setelah Dihantam Ombak

Jumat, 6 Juli 2018 | 15:55 WIB

Berita Terkait

KM Saleho Nyaris Tenggelam Setelah Dihantam Ombak
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Sampang - Sebuah kapal dagang KM Saleho terhempas ganasnya ombak air laut dan nyaris tenggelam di area pelawangan Sungai Kemuning, Sampang, Madura.

Beruntung, sebanyak 3 orang ABK dan satu orang nahkoda berhasil selamat karena semua korban pandai berenang.

"Kejadian sekitar pukul 22.00 WIB, saat itu air laut masuk ke kapal dan semua muatan ikan kami ludes," kata Muadom (30), nahkoda KM Saleho, Jum'at (6/7/2018).

Muadom menjelaskan, sebelum kapalnya nyaris tenggelam oleh tingginya gelombang air laut. KM Saleho memasuki pelawangan Sungai Kemuning dalam kondisi miring. Kemungkinan tersangkut bambu antara pantai dan sungai.

"Mesin kami rusak, kemudian ada kapal nelayan lainnya yang menarik kapal kami ke pinggir," jelasnya.

Akibat kejadian itu, semua barang yang berada di dalam kapal beserta ikan sebanyak 6 ton terhempas ombak dan tak satu pun yang tersisa. "Akibat kejadian ini, kerugian diperkirakan mencapai Rp 16 juta," kata Muadom saat ditemui di rumahnya, Jalan Permata, Kelurahan Banyuanyar, Sampang.

Secara terpisah, Iptu Agung Widodo, PS Kasat Polairud Polres Sampang, saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Namun, pihaknya membantah jika kejadian itu bukanlah laka laut. Sebab, lokasi kejadian berada pada pelawangan Sungai Kemuning.

"Belakangan hari ini kami sering mengimbau kepada nelayan untuk selalu waspada dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Berkaitan dengan KM Saleho, kondisinya bisa ditarik ke pinggir dan tidak ada korban jiwa," tandasnya. [rok]

Komentar

Embed Widget
x