Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 10:44 WIB

Peretas Sebut Situs Pemerintah Lemah

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 6 Juli 2018 | 12:44 WIB

Berita Terkait

Peretas Sebut Situs Pemerintah Lemah
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - DS (18), peretas situs Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyebut situs pemerintah lemah. Ia mengaku mudah membobol situs pemerintah di antaranya Bawaslu dan DPRD Banten.

"Saya secara random (melakukan retas), kadang situs kecil dan situs besar. Bangga bisa meretas. Situs pemerintah sangat lemah memang," kata DS.

Hal itu disampaikan DS saat ditanyai wartawan mengapa meretas situs milik pemerintah di gedung Bareskrim Polri, Cideng, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (6/7/2018).

Sementara itu, Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Asep Safrudin mengatakan DS meretas 60 situs karena iseng belaka. Menurutnya, DS hanya iseng untuk mencoba kemampuan otodidaknya.

"Modusnya adalah dia melakukan ilegal akses ke situs Bawaslu dengan tujuan motif yang menurut yang bersangkutan hanya iseng-iseng," ujar Asep.

"Dia belajar dari Google. Otodidak, untuk mencoba sejauh mana kemampuannya" imbuh dia.

Asep menambahkan situs yang diretas oleh DS adalah tampilannya. Sistemnya tak tersentuh oleh DS. "Jadi yang diubah tampilannya saja bukan merusak sistem," terang dia.

DS ditangkap pada Sabtu (30/6) lalu sekitar pukul 13.00 WIB di Kramat Jati, Jakarta Timur. Pemuda berusia 18 tahun itu mengaku iseng meretas situs Bawaslu dan 60 situs website lainnya. [rok]

Komentar

x