Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 21:54 WIB

Pratikno Sebut Menteri Mau Nyaleg Tak Perlu Mundur

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Kamis, 5 Juli 2018 | 22:43 WIB

Berita Terkait

Pratikno Sebut Menteri Mau Nyaleg Tak Perlu Mundur
Menteri Sekretaris Negara, Pratikno - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bogor - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengaku belum ada Menteri Kabinet Kerja yang ingin mundur (resign) karena mau mencalonkan sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2019.

"Enggak ada, kalau mau resign harus melalui saya," kata Pratikno di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (5/7/2018).

Menurut dia, apabila ada menteri yang ingin mencalonkan sebagai anggota legislatif pun tidak perlu resign. Sebab, sudah ada aturannya dimana bisa mengajukan cuti.

"Lihat diregulasinya lah, dari sisi regulasi enggak ada mundur toh? Cuti toh. Cek aja di MK (Mahkamah Konstitusi) ya, ada keputusan di MK. Dia kan cuti," ujarnya.

Namun, Pratikno kembali menegaskan belum menerima surat dari menteri yang ingin resign untuk menjadi calon anggota legislatif pada pemilu 2019 nanti.

"Kita belum menerima surat apapun, sama sekali. Enggak ada kabar angin," jelas dia.

Untuk diketahui, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menyebut ada sejumlah Menteri Kabinet Kerja akan maju pada Pemilu Legislatif 2019. Namun, Sofyan merahasiakan nama menteri tersebut.

"Saya dengar-dengar, tapi belum ada bukti," kata Sofjan.

Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menteri tidak harus mundur untuk mencalonkan diri sebagai anggota DPR, DPD dan DPRD. Sebab, jabatan menteri adalah jabatan politik yang eksistensinya sangat bergantung pada Presiden.

Sehingga, sepanjang Presiden memerlukan menteri yang bersangkutan dapat dipertahankan atau sebaliknya. Namun, berbeda dengan jabatan lain seperti bupati yang dipilih secara demokratis, eksistensinya bergantung pada yang bersangkutan. [ton]

Komentar

Embed Widget
x