Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 07:58 WIB
 

Berjalan Selama 12 Jam

Rekapitulasi Pilgub di Surabaya Belum Selesai

Oleh : - | Kamis, 5 Juli 2018 | 22:13 WIB
Rekapitulasi Pilgub di Surabaya Belum Selesai
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Hingga pukul 21.11 WIB, Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilgub Jatim 2018 di Tingkat Kota Surabaya yang diselenggarakan pada hari Kamis (5/7) belum juga usai.

Suasana yang sebelumnya tidak begitu panas dan hanya diwarnai interupsi ringan mulai berubah panas ketika pemaparan penghitungan suara di Kecamatan Tambaksari yang dipaparkan oleh PPK dianggap bermasalah oleh saksi Paslon nomor urut 2.

Sukadar selaku saksi Paslon nomor urut dua menganggap bahwa ada kejanggalan yang tidak terselesaikan ketika hari pemungutan suara di 27 Juni lalu.

"Ini terkait dengan tidak adanya tanda tangan dari para pemilih di lembar absensi pemilih. Selain itu juga, jumlah suara dan daftar pemilih yang mencoblos di TPS 6, 7, dan 40 di Kecamatan Tambaksari," kata Sukadar.

"Ini pada waktu kejadian harusnya sesuai aturan dan rekomendasi awal Panwascam adalah diselesaikan saat itu juga. Tetapi, tiba-tiba itu dihentikan. Dan tahapan terus dilanjutkan tanpa menghiraukan masalah itu," tambahnya.

Untuk itu, Sukadar meminta kepada pihak KPU dan Panwaslu Kota Surabaya untuk menyelesaikan masalah yang ada dengan membuka formulir C7 dan membuka kotak suara dari TPS 6, 7, dan 40 Kecamatan Tambaksari.

Hingga berita ini ditulis, pihak KPU bersama dengan Panwaslu Kota Surabaya masih terus berunding dengan saksi kedua Paslon untuk kemudian mengurai masalah itu.

Sebagai informasi, dari 31 Kecamatan yang ada di Kota Surabaya, masih ada 1 Kecamatan lagi yang belum memaparkan penghitungan suara di Rapat Pleno untuk menghitung perolehan suara di Kota Surabaya pada Pilgub Jatim 2018. Ini berarti, rapat pleno ini belum usai meski sudah berjalan hampir 12 jam dari waktu rapat dibuka pada sekitar pukul 10.00 WIB.[beritajatim]

Komentar

x