Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 01:31 WIB

Semua akan Jokowi Pada Waktunya

Oleh : R Ferdian Andi R | Rabu, 4 Juli 2018 | 18:36 WIB

Berita Terkait

Semua akan Jokowi Pada Waktunya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Satu bulan menjelang pendaftaran capres/cawapres yang dimulai 4-10 Agustus 2018, perkembangan politik nasional kian dinamis. Begitu juga dinamika dukungan terhadap Presiden Jokowi memimpin RI untuk periode kedua semakin bertambah.

Setelah sejumlah gubernur terpilih menyampaikan dukungan, kini giliran sejumlah elit politik yang semula menentang, berbalik memberikan dukungan kepada Jokowi.

Pasca-pilkada serentak 27 Juni 2018 lalu gelombang dukungan muncul dari sejumlah gubernur terpilih khususnya berasal dari provinsi besar di pulau Jawa seperti Ridwan Kamil yang secara tegas mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019 serta Khofifah Indarparawansa dari Jawa Timur.

Sebelumnya, tokoh-tokoh tersebut tak secara tegas mendukung Jokowi. Namun sesaat kemenangan yang dideklarasikan hitung cepat oleh sejumlah perusahaan riset final, dukungan pun muncul dari sejumlah kepala daerah terpilih tersebut.

Usai para gubernur terpilih menyampaikan dukungan secara nyata terhadap Jokowi untuk maju dua periode, kini sejumlah tokoh yang semula digadang-gadang sebagai suksesor Jokowi justru berbalik arah mendukung Jokowi untuk dua periode.

Sebut saja Tuan Guru Bajang (TGB) alias Zainul Majdi yang juga Gubernur NTB. Tokoh ini semula digadang-gadang sebagai penantang Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang, kini justru mendeklarasikan dukungan dua periode untuk Jokowi. Mantan Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta dalam Pilpres 2014 lalu ini secara lugas mendukung Jokowi untuk dua periode.

TGB berdalih, perubahan tak cukup dilakukan hanya satu periode. Menurut dia, periodeisasi kepemimpinan selama dua kali masa jabatan yakni selama 10 tahun untuk memberikan kesempatan kepada Jokowi melanjutkan kerjanya. "Saya rasa sangat fair kita beri kesempatan beliau untuk kembali melanjutkan," ujar TGB saat berkunjung di salah satu redaksi media Liputan6 SCTV, kemarin.

Sebenarnya tidak begitu mengejutkan sikap politik TGB ini soal Pilpres 2019 mendatang. Lantaran sebelumnya, terdapat juga deklarasi dukungan terhadap duet Jokowi-TGB.

Namun, respons negatif justru muncul dari akun pendukung TGB yang terdapat di Instagram dengan akun relawan_tgb. Komentar sejumlah pengikut di akun ini negatif atas sikap TGB yang mendukung Jokowi untuk dua periode. Seperti akun datsphone yang menumpahkan kekesalan dengan sikap TGB tersebut. "Saya juga udah ga minat ndukung tgb lg," tulis akun tersebut, Rabu (4/7/2018).

Selain nama TGB, nama Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan juga disebut-sebut mendukung Jokowi untuk dua periode. Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Umum PPP Arwani Thomafi yang mengaku dirinya mendapat informasi soal keputusan politik Zulkifli Hasan mendukung Jokowi. "Saya mendapat info seperti itu (Zulkifli mendukung Jokowi). Namun silakan konfirmasi langsung ke beliau," ujar Arwani di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (4/7/2018).

Elit PAN sendiri membantah informasi soal dukungan Ketua Umum PAN kepada Jokowi. Sekretaris Fraksi PAN Yandri Susanto menepis informasi tersebut. Menurut dia, informasi tersebut hoax. Menurut dia, PAN akan menghadirkan calon di luar Jokowi. "Insya Allah PAN mengusung calon di luar Pak Jokowi," sebut Yandri.

Gelombang dukungan sejumlah elit ke Jokowi semakin menambah kekuatan di kubu Jokowi menjelang pendaftaran capres/cawapres 2019 pada awal Agustus mendatang. Situasi berbanding lurus dengan tidak adanya tambahan dukungan pada Prabowo Subianto. [*]

Komentar

Embed Widget
x