Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 00:11 WIB

Jambret, Kapolri Perintahkan Jajarannya Proaktif

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Rabu, 4 Juli 2018 | 14:27 WIB

Berita Terkait

Jambret, Kapolri Perintahkan Jajarannya Proaktif
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Dalam beberapa pekan terakhir ini marak terjadi begal dan jambret yang menimpa pejabat hingga warga. Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengaku sudah memerintahkan jajarannya untuk proaktif mengejar para pelaku tersebut.

"Jadi street crimes ini ada beberapa kasus ya beberapa kasus juga ada yang terungkap seperti kasus yang menyangkut pejabat tertentu begal udah ditangkap pelaku juga kalau ngga salah tewas tertembak ada beberapa lagi street crime lainnya dengan kekerasan ada copet jambret ini sudah menjadi atensi saya," kata Tito di gedung PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2018).

Tito menjelaskan seluruh jajaran di Polda, Polres hingga Polres sudah diperintahkan untuk menggelar operasi rutin memberantas begal dan jambret. Dia memberi waktu selama sebulan ini jelang Asian Games pada Agustus mendatang.

"Kita akan adakan operasi kejahatan jalanan termasuk terminal, stasiun, kemudian pelabuhan dan lain-lain. Nanti akan saya anev (analisa dan evaluasi) tiap minggu," terang Tito.

Dalam operasi itu, dia memberikan atensi lebih terhadap 4 wilayah yang menjadi venue Asian Games bulan Agustus mendatang yakni Jakarta, Palembang, Bandung dan Banten. Ia berharap situasi kondusif dari kejahatan konvensional selama gelaran internasional tersebut.

"Kalau dari teorinya, prakteknya sudah harus jalan semenjak saya perintahkan kemarin. Tapi nanti saya minta pak Asops Kapolri (Irjen Deden Juhara) untuk membuat anev (analisa dan evaluasi) dan rencana ops paling tidak selama bulan Juli ini untuk conditioning sebelum Asian Games. Prioritas 4 wilayah, DKI Jakarta, Sumsel, Banten, Jabar," pungkas Tito.

Aksi begal dan penjambretan marak dalam beberapa pekan terakhir. Salah satunya yakni menimpa Dirjen PUPERA yang dijambret di kawasan Kota Tua. Terbaru, seorang warga dijambret di kawasan Cempaka Putih. Pelaku tak segan menjambret ketika korban sedang berkendara di jalanan. Warga tersebut pun tewas akibat terpental. [rok]

Komentar

Embed Widget
x