Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 22:02 WIB

KPU Buka Pendaftaran Caleg Pemilu 2019 Hari Ini

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 4 Juli 2018 | 10:11 WIB

Berita Terkait

KPU Buka Pendaftaran Caleg Pemilu 2019 Hari Ini
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan hari ini, Rabu (4/7/2018) KPU membuka pendaftaran Calon Anggota Legislatif (Caleg) untuk Pemilu 2019.

"Pendaftaran caleg hari ini dibuka, kita akan menerima partai politik, menerima dokumen-dokumen parpol terkait dengan pencalonannya," kata Ilham saat dihubungi INILAHCOM, Rabu (4/7/2018).

Ilham menjelaskan sebelum melakukan pendaftaran, parpol harus mengisi Sistem Informasi Calon (Silon). Proses pengisian tersebut sudah dilakukan sejak sebulan lalu.

"Jadi sebelum daftar, parpol harus mengisi silon dulu baru mendaftar, untuk pengisian Silon telah dari sebulan lalu," jelasnya.

Ilham menyebutkan KPU akan melakukan pengecekan data atau syarat bagi caleg. Apabila data yang diberikan belum lengkap maka parpol dapat melakukan perbaikan sampai tanggal 17 Juli 2018.

"Kita coba cek dulu, kalau belum lengkap seperti sesuai PKPU, pengecekan berkas di Silon akan di cocokan sama yang dibawa," ucapnya.

Menurut dia, semua syarat calom akan diperiksa, tidak terkecuali syarat larangan mantan napi koruptor yang maju sebagai caleg.

"Semua syarat kalau ada mantan napi korupsi yang kita bisa menolak," jelasnya.

Diketahui, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) parpol akan menyerahkan daftar calegnya ke KPU di masing-masing tingkatan. Mulai daftar caleg yang diwajibkan terdapat 30 persen perwakilan perempuan.

Aturan terkait tahapan pendaftaran, pengisian silon, sampai syarat pencalonan ini terdapat dalam PKPU nomor 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota dewan perwakilan rakyat daerah provinsi, dan dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten/kota.

Peraturan atas ketentuan cara pendaftaran terdapat pada PKPU 20 tahun 2018 pasal.6 ayat 1 sampai 3. [ton]

Komentar

Embed Widget
x