Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 19:34 WIB
 

Pesan Kabareskrim untuk Dirtipidkor yang Baru

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 3 Juli 2018 | 16:01 WIB
Pesan Kabareskrim untuk Dirtipidkor yang Baru
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kabareskrim Polri Komjen Ari Dono Sukmanto memimpin serah terima jabatan (Sertijab) Direktur Tindak Pidana Korupsi (Dirtipidkor) Bareskrim Polri. Pergantian ini dinilai bermakna lebih, karena punya tantangan yang semakin berat.

Upacara Sertijab ini digelar di gedung Bareskrim Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (3/7/2018). Kombes Pol Erwanto Kurniadi sah menggantikan Brigjen Akhmad Wiyagus sebagai Dirtipidkor Bareskrim Polri.

"Tantangan pertama bagi Dirtipidkor yang baru adalah melakukan penegakan hukum yang manfaat dan dampaknya terasa oleh masyarakat. Serta memberikan kepastian pada setiap proses tindakan penegakan hukum yang dilakukan. Hal ini penting, sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat melalui kinerjaa Polri sehingga dapat terasa," kata Ari Dono di Bareskrim Polri, Selasa (3/7/2018).

Tantangan kedua menurut Ari yakni fokus untuk mengungkap penyelidikan aset korupsi yang merugikan negara. Selain, pengungkapan skala korupsi besar juga perlu dikejar.

Fokuskan pada pengembalian kerugian negara, pemulihan aset dengan menerapkan pengungkapan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Baik subjek hukum manusia maupun korporasi," jelas Ari Dono.

Selanjutnya, Ari meminta kepada pengganti Akhmad Wiyagus ini untuk melakukan pencegahan tindak pidana korupsi dengan menggandeng stakeholder terkait.

"Tantangan ketiga agar mengoptimalkan upaya pencegahan tindak pidana korupsi dengan memaksimalkan kerja sama dengan beberapa stake holder. Sebab mencegah itu juga baik daripada mengobati," pungkas Ari.

Terakhir, Ari Dono menekankan untuk menjaga integritas Polri dalam mengungkap kejahatan korupsi. Selain itu, pembenahan di internal juga perlu dilakukan agar kinerja Direktorat ini bisa efektif dan efisien.

"Pertahankan dan tingkatan budaya integritas, kinerja yaang tinggi, sistem, proses dan prosedur kerja yang jelas, efektif, efisien, terukur. Serta sesuai dengan prinsip-prinsip good governance pada jajaran Direktorat Tindak Pidana Korupsi," ungkap Ari.

Kombes Pol Erwanto Kurniadi menggantikan Brigjen Akhmad Wiyagus yang kini telah mendapat amanat menjalankan tugas sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku.[jat]

Komentar

x