Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 19:36 WIB
 

Situs KPU Diretas, Kapolri: Data KPU Aman

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 3 Juli 2018 | 13:19 WIB
Situs KPU Diretas, Kapolri: Data KPU Aman
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Pasca-pilkada serentak di 171 wilayah selesai, situs Komisi Pemilihan Umum (KPU) diberondong oleh para hacker. Meski begitu, Polri menyebut yang di-hack adalah tampilannya.

"Situs KPU diretas itu tampilannya, bukan datanya," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Mabes Polri, Selasa (3/7/2018).

Tito mengatakan pihaknya sudah bekerja untuk menangkal para hacker dengan menerjunkan tim direktorat siber. Ia juga sudah berkoordinasi dengan Kominfo dan KPU untuk mencegah adanya hacker masuk ke situ tersebut.

"Ada tim Siber Polri, Kominfo, BSSN. Kami sudah bicara dengan KPU untuk memperkuat atau menangkal firewall sekaligus melacak pelaku hacker," jelas Tito.

Sebelumnya, salah satu anggota KPU yang menjaga website mendapat serangan dari DDoS (Distributed Denial of Service). Serangan itu mengubah tampilan situs KPU.

DDos adalah salah satu jenis serangan Denial of Service (DoS) untuk menyerang komputer atau server dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer atau server sehingga komputer dan server tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Perbedaannya, DDoS melancarkan serangan ini dengan menggunakan banyak host penyerang untuk menyerang satu host target dalam sebuah jaringan. [rok]

Tags

Komentar

x