Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 19:38 WIB
 

Jelang Pilpres, Moeldoko Pantau Netralitas TNI

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 2 Juli 2018 | 17:52 WIB
Jelang Pilpres, Moeldoko Pantau Netralitas TNI
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memastikan akan terus memantau netralitas aparat menjelang berlangsungnya Pilpres 2019 dalam waktu dekat.

"Kuncinya hanya satu, netral. Petugas netral di lapangan pasti semuanya, keseimbangan akan tercapai. Kalau aparat tidak netral, itulah sumber dari kejadian demi kejadian," ujar Moeldoko di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (2/7/2018).

Ia pun teringat saat dirinya masih menjabat sebagai Panglima TNI. Saat itu, dirinya menerapkan standar netralitas yang tegas kepada jajaran hingga bawahannya dalam menghadapi Pemilu 2014.

Dengan sikap tegasnya, lanjut Moeldoko, tidak ada aparat militer yang berani menyalahgunakan kepercayaannya hingga berani bersikap tidak netral.

"Hal yang kami lakukan dulu saat saya jadi Panglima TNI, suasana semua takut, ketegangan tinggi. Saya menentukan standar pasti, TNI netral dan itu mengalir sampai ke bawah. Itu dari Panglima TNI sampai Babinsa menjalankan tugas dengan baik. Itu kuncinya," paparnya.

Untuk itu, ia mengharapkan agar pimpinan TNI saat ini tak macam-macam dan perlu melakukan evaluasi secara berkesinambungan terhadap anggotanya untuk menjamin netralitas militer.

"Kalau pimpinannya bermain-main, itu sumber penyebab ketidakstabilan. Perlunya melakukan evaluasi, mendapatkan feedback dari lapangan di mana letak kelemahannya dan SOP (standar operasional prosedur) atau petugas di lapangan. Kalau ada SOP maka kita perbaiki. Kalau ada perilaku melanggar, harus ada tindakan atau sanksi," paparnya. [ton]

Komentar

x