Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 September 2018 | 15:48 WIB

Anggota Hilang di Puncak Jaya Ditemukan Tewas

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Senin, 2 Juli 2018 | 10:44 WIB

Berita Terkait

Anggota Hilang di Puncak Jaya Ditemukan Tewas
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Satu dari dua anggota Polri yang hilang di Distrik Torere, Puncak Jaya, Papua ditemukan. Namun, anggota tersebut ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia.

"Satu sudah ketemu. Dalam kondisi gugur yang bersangkutan," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (2/7/2018).

Tito mengatakan anggota yang ditemukan itu bernama Brigadir Sinton Kabarek dari satuan Sabhara Polres Puncak Jaya, Papua. Sinton ditemukan dari lokasi yang cukup jauh saat pesawat Trigana air mendarat dan ditembaki oleh kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB).

"Senjatanya belum ketemu. Kemarin saya dapat laporan ketemu di sungai mambramo, cukup jauh dari lokasi penembakan, dalam keadaan meninggal dunia," ucap Tito.

Tito menambahkan Brigadir Sinton akan mendapatkan hak-haknya sebagai anggota Polri. Ia pun sudah memerintahkan Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar untuk memberi perhatian kepada keluarga Brigadir Sinton.

"Kita perlakukan sebagai gugur dalam rangka tugas. Kami berduka, Polri berduka dan saya berikan KPLB (Kenaikan pangkat luar biasa) kepada yang bersangkutan. Saya sudah perintahkan kapolda berikan atensi keluarganya, hak-haknya kita perjuangkan, kita berikan untuk keluarganya dari Mabes Polri," jelas Tito.

Sebelumnya kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) menghadang dan menembaki 9 anggota Polri dan kepala Distrik Torere usai mengawal jalannya pemilihan Gubernur di Puncak Jaya, Papua pada 27 Juni 2018.

Dalam insiden ini, Kepala Distrik Torere Obaja Froaro gugur terkena tembakan. Sementara 7 anggota lainnya berhasil selamat. Selain Brigadir Sinton, masih ada satu anggota lagi yang belum ditemukan yakni Ipda Jesayas H Nusi. [rok]

Komentar

x