Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 24 September 2018 | 09:48 WIB

Fahri: Ahok Dihukum Secara Tanggung di Mako Brimob

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 2 Juli 2018 | 03:10 WIB

Berita Terkait

Fahri: Ahok Dihukum Secara Tanggung di Mako Brimob
Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah meminta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk dipindah dari Rutan Mako Brimob Kelapa Dua ke lembaga pemasyarakatan. Sebab, Ahok telah dijatuhi hukuman oleh pengadilan atas kasus penistaan agama sehingga statusnya sebagai narapidana.

"Ijinkan saya menutup perdebatan pribadi Ahok dengan menjelaskan konsep pemasyarakatan menurut UU. Sebab, pemasyarakatan itu bukan penjara juga bukan Tahanan. Pemasyarakatan menurut UU itu lebih luas. Ia dimaksudkan untuk mengembalikan ke masyarakat," kata Fahri melalui akun twitternya #2019HayyaAlalFalah @Fahrihamzah yang dikutip INILAHCOMCOM, Minggu (1/7/2018).

Menurut dia, setiap orang yang divonis bersalah oleh pengadilan lalu dinyatakan inkracht maka ia memulai tahapan pemasyarakatan melalui LP (lembaga pemasyarakatan). Rezim penanganannya dari judikatif ke eksekutif, negara memiliki sistem khusus untuk ini.

"Itulah yang saya khawatir tidak dialami oleh Ahok. Sehingga niat negara untuk membuatnya bermasyarakat malah ada kesan menolak hukum penistaan dan menganggap semua yang terjadi padanya adalah kesalahan. Akibatnya? Dia diistimewakan," ujarnya.

Maka, kata Fahri, jadilah Ahok seperti sebuah penyesalan. Dia dihukum secara tanggung, dan dimasyarakatkan secara tanggung dan hasilnya lihat saja nanti tentu semuanya akan tanggung.

"Dia akan keluar dengan mentalitas yang lebih ekstrem. Inilah yang saya khawatirkan. Maka, jika kita tidak mau salah. Maka kirimlah Ahok sekarang ke LP. Biarkan ia mengalami masa-masa penting untuk kembali menjadi manusia merdeka dan bermasyarakat. Itu saja," tandasnya.[ris]

Komentar

x