Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 23:47 WIB

KIPP Subang Minta PSU di Lima Desa

Oleh : Agus Irawan | Sabtu, 30 Juni 2018 | 21:00 WIB

Berita Terkait

KIPP Subang Minta PSU di Lima Desa
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - KIPP kecamatan Cipunagara, Subang meminta agar dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) untuk setiap TPS yang kota suaranya di buka di luar mekanisme rekapitulasi sebagaiamana diatur dalam UU No 10 tahun 2016 tentang Pilkada.

Hal ini menyusul diduga telah terjadi pelanggaran atas penanganan kotak suara di lima desa di kecamatan Cipunagara.

Ketua KIPP kecamatan Cipunagara. Ujang Kusdinta menyebutkan bahwa pihaknya merujuk pada UU dan PKPU. Karena diatus bahwa untuk kotak suara yg dibuka atau dirusa baik kunci maupun segelnya tanpa prosedur yang benar harus dilakukan PSU.

"Ini merupakan pelanggaran penanganan kotak suara yang berisi Form C1 hasil pemungutan dan penghitungan suara pilkada Kabupaten Subang. Tanggal 27 Juni lalu , " ujar Ujang saat dihubungi INILAHCOM, Sabtu (30/6/2018).

Sebagaimana diketahui, rumor soal adanya belasan kotak suara dari 5 desa di kecamatan Cipunagara yang diduga dibuka oleh oknum anggota PPS kecamatan Cipunagara saat kotak suara hasil pemgungutan suara pilkada Kabupaten Subang 27 Juni lalu. Sabtu 30 Juni ini sedianya akan dilaksanakan rakapitulasi C1 di kecamatan Cipunagara.

Namun karena adanya insiden pembukaan kotak suara tadi, ketua KPU Subang, Maman Suparman, pihak Panwaslu Subang dan aparat keamanan hadir di kantor PPK Cipunagara untuk membahas masalah ini.

Ditempat terpisah, Ketua KIPP Subang, Jawa Barat, Yaya Sudarya membenarkan adanya dugaan pelanggaran ini. Pihaknya meminta PSU pada TPS yang kotak suaranya dibuka tidak sesuai dengan prosedur yang benar.

Komentar

x