Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 September 2018 | 18:46 WIB

Polisi Ringkus Pengedar Sabu Online di Sidoarjo

Sabtu, 30 Juni 2018 | 14:30 WIB

Berita Terkait

Polisi Ringkus Pengedar Sabu Online di Sidoarjo
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Sidoarjo - Polisi berhasil meringkus seorang pengedar narkoba online di Sidoarjo, Sabtu (30/6/2018).

Pengedar barang haram yang berhasil diamankan Satnarkoba Polresta Sidoarjo itu atas nama Erfan Julianto bin Muhammad Faizin (25). Pemuda ini diketahui merupakann warga perumahan BCA 05/34 Desa Ngampelsari Kecamatan Candi, Sabtu (30/9/2018).

Dari tangan tersangka, petugas menyita sabu seberat 320,22 gram. Barang yang disita itu diketahui akan dikirimkan melalui dua jasa ekpedisi dengan tujuan pemesanan di Bali. Sabu disembunyikan ke dalam jaket untuk mengelabui petugas.

Erfan ditangkap oleh petugas saat berada di Jalan Raya Candi. Dia terbukti menyimpan sabu saat rumahnya di geledah petugas. Paketan sabu yang disimpan sudah siap edar.

Petugas mengantongi identitas dan bisnis Erfan dari masyarakat yang curiga akan bisnis dalam dua tahun yang ditekuni oleh tersangka.

"Jadi modusnya, dia mengedarkan sabu-sabu dengan mengelabuhi petugas barang haram yang dikirim di masukkan jaket yang dipesan secara online," kata Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji.

Kasus ini, lanjutnya, terus dikembangkan aparat. Polisi juga mengejar pemasok sabu atas nama Totok yang telah ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO).

Erfan mengaku menerima sabu dari Totok dengan sistem ranjau. Dia disuruh mengambil barang di suatu tempat yang sudah ada paketan sabu-sabu. Namun dia mengatakan tak mengenal akrab Totok. Polisi pun tak percaya begitu saja atas pengakuan ini.

"Omset setiap bulan, pelaku bisa berbisnis sabu-sabu sampai 5 Ons dan mendapat imbalan dari DPO setiap Onsnya senilai Rp 1 juta. Kami tidak percaya begitu saja, akan terus kita kembangkan jaringan pengedar sabu-sabu lintas kota ini," paparnya.

Dalam kasus ini, pelaku terancam dijerat Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 112 ayat (2) UU RI No 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Pelaku terancam hukuman 20 tahun dan atau seumur hidup. [berita jatim]

Komentar

x