Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 16:50 WIB

Mahathir Ajak Jokowi Lawan Kampanye Hitam Eropa

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 29 Juni 2018 | 17:23 WIB

Berita Terkait

Mahathir Ajak Jokowi Lawan Kampanye Hitam Eropa
(Foto: Inilahcom/Ahmad Farhan)

INILAHCOM, Jakarta - Perdana Menteri Malaysia, Tun Mahathir Mohamad mengajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk sama-sama melawan kampanye yang dilakukan negara Eropa terkait ekspor kelapa sawit.

Menurut dia, Indonesia dan Malaysia menghadapi tantangan yang sama.

"Utamanya ekspor kelawa sawit yang diancam Eropa," kata Mahathir di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (29/6/2018).

Untuk itu, Mahathir mengajak Presiden Jokowi supaya bersama-sama melawan kampanye mereka yang mengatakan minyak kelapa sawit dibuat dari hutan-hutan yang ditebang pengusaha dan dengan itu malah berdampak buruk pada iklim.

"Itu tidak benar sama sekali. Kita perlu ada kawasan luas untuk masyarakat dan untuk mendapat hasil yang lebih banyak dan tinggi dari kawasan luas di negara kita," ujarnya.

Kemudian, Mahathir juga mengaku dulu difitnah ketika di Eropa dengan hutan yang ditebang tapi tidak ada yang membantah dan Malaysia juga tidak pernah membantah. Namun, saat ini dihadapkan dengan permasalahan lebih luas dan mereka menuding berdampak buruk bagi iklim.

"Padahal sebaliknya, mereka tau bahwa kelapa sawit ini bersaing dengan minyak mereka dari soybean dan sebagainya. Tantangan mereka hadapi mungkin lebih ke ekonomi dan keuangan, daripada maslaah lingkungan," tandasnya. [ton]

Komentar

x