Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 04:15 WIB

Quick Count Internal, RINDU Menang 32,96 Persen

Oleh : Ajat M Fajar | Kamis, 28 Juni 2018 | 23:23 WIB

Berita Terkait

Quick Count Internal, RINDU Menang 32,96 Persen
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Bandung - Hasil quick count tim internal Rindu atau Jawa Barat Online (JJ Online) menempatkan paslon Rindu di urutan teratas dengan angka 32,96 persen, disusul posisi kedua oleh Asyik 28,30 persen, 2 DM 24,11 persen dan posisi buncit ditempati Hasanah dengan perolehan suara 11 persen.

"Dengan selisih 4,6 persen, margin error kita 0,3 persen. Dengan angka itu keyakinan kita dan kandidat dalam memenangkan Pilkada ini cukup aman dari gugatan ke MK," ujar Yusuf sapaan akrab Ridwansyah Yusuf, di Hotel Papandayan, Kamis (28/6/2018).

Menurut dia, gugatan ke MK bisa diajukan pihak lawan jika ada selisih 2,5 persen. Tapi hasil quick count Rindu jauh di atas margin error.

Dia menjelaskan hasil survei Rindu yang dilakukan di 27 kota/kabupaten dengan jumlah 1.212 responden di 303 TPS ini, konsisten hasilnya. Yakni Rindu selalu diposisi teratas sejak hasil suara masuk di angka 30 persen.

Adapun metodologi yang digunakan dalam quick count ini, lanjut Yusuf, adalah dengan Multi Stage Ramdom Sampling. Metode ini, biasa dilakukan oleh lembaga survei terstandar yang sudah dikenal dan kredibel.

"Kami melakukan pengumpulan data sejak TPS ditutup pukul 13.00 WIB, hingga pukul 20.30 malam ini. Hasilnya, dari jumlah suara yang masuk 93 persen, hasilnya Rindu berada diposisi teratas dengan jumlah suara 32,96 persen," ujar Yusuf.

Menurut dia, paslon Rindu mayoritas menang di kota/kabupaten di Jabar. Rindu unggul di Bandung Raya dan Priangan Timur. Sedangkan pasangan 2DM dan Asyik unggul di Pantura dan Ciayumajakuning.

"Rindu juga bersaing ketat di Kabupaten Sukabumi dan Bogor dengan pasangan Asyik. Padahal di survei sebelumnya Rindu bersaing dengan 2 DM di dua kabupaten tersebut," kata Yusuf.

Sebelumnya, Ridwan Kamil menyatakan rasa syukurnya atas kemenangan Rindu versi quick count. Mayoritas lembaga survei telah memenangkan Rindu pada konstestasi Pilgub Jabar ini. "Quick count adalah cara ilmiah yang bisa kita terima untuk sementara. Hasil finalnya, kita menunggu perhitungan KPUD Jabar 9 Juli nanti," kata Kang Emil.[jat]

Komentar

Embed Widget
x