Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 04:18 WIB

KPU Jabar Selidiki Dugaan Pelanggaran Anggota KPPS

Kamis, 28 Juni 2018 | 17:00 WIB

Berita Terkait

KPU Jabar Selidiki Dugaan Pelanggaran Anggota KPPS
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat akan menyelidiki adanya dugaan pelanggaran yang dilakukan anggota KPPS di Cianjur karena dianggap mengarahkan pemilih untuk mencoblos salah satu pasangan calon.

Ketua KPU Provinsi Jabar Yayat Hidayat mengaku sudah menerima kabar dugaan pelanggaran yang beredar melalui video di Facebook.

Akun atas nama Endang Koyuby mengunggah video berdurasi sekitar satu menit yang memperlihatkan pria yang diduga anggota KPPS membuka surat suara dan menunjuk foto salah satu calon ke pemilih.

"Seharusnya enggak seperti itu. Di TPS harusnya yang dihitung jumlah (surat suaranya) saja. Pihak yang membuka, kan, harusnya pemilih saja," ujar Yayat di Kantor KPU Jabar, Kamis (28/6/2018).

Lebih lanjut, ia akan mencari informasi lebih lanjut soal kebenaran video tersebut. Ia menilai yang dilakukan petugas dalam video tersebut menyalahi aturan.

Pasalnya, petugas di TPS cukup menyerahkan surat suara tanpa perlu membukanya terlebih dulu. "Saya akan konfirmasi dulu kepada KPUD apakah benar terjadi di TPS atau bukan. Kan, bisa saja syuting seperti di TPS," ucapnya. [tar]

Komentar

Embed Widget
x