Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 13:36 WIB

Kasus E-KTP,Anang Sugiana Dituntut 7 Tahun Penjara

Oleh : Fadhly Zikry | Kamis, 28 Juni 2018 | 14:14 WIB

Berita Terkait

Kasus E-KTP,Anang Sugiana Dituntut 7 Tahun Penjara
Mantan Direktur PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Direktur PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudihardjo dituntut 7 tahun penjara oleh jaksa KPK dalam kasus korupsi KTP elektronik (e-KTP), Kamis (28/6/2018).

Selain itu, dalam tuntutannya ini Anang juga diminta membayar denda sebesar Rp1 miliar disertai subsider 6 bulan kurungan.

"Menuntut supaya majelis hakim yang mengadili dan memeriksa perkara ini, menyatakan terdakwa Anang Sugiana Sudiharjo terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata Jaksa KPK Lie Putra Setiawan di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Kamis (28/6/2018).

Atas perbuatannya, Anang dikenakan Pasal 2 ayat 1 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Selain itu, jaksa juga menuntut Anang membayar uang pengganti sebesar Rp39,239 miliar satu bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap.

"Jika dalam waktu tersebut tidak dibayar maka harta benda terdakwa disita dan dilelang untuk menutupi uang pengganti, dalam hal terdakwa tidak punya harta yang cukup untuk membayar uang pengganti, terdakwa dipidana penjara selama tujuh tahun," jelas jaksa.

Adapun dalam korupsi e-KTP perusahaan Anang mendapat keuntungan sebesar Rp79.39 miliar. Sidang akan dilanjutkan pada 16 Juli mendatang dengan agenda pembelaan atau pleidoi.

Komentar

Embed Widget
x