Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 09:20 WIB
 

Pilkada Jawa Barat 2018

Oded-Yana Ungguli Pemilihan Wali Kota Bandung

Oleh : - | Sabtu, 23 Juni 2018 | 20:07 WIB
Oded-Yana Ungguli Pemilihan Wali Kota Bandung
Oded M Daniel-Yana Mulyana - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Lembaga survei Media Survei Nasional (Median) merilis hasil riset dalam Pilkada Wali Kota Bandung pada Sabtu (23/6/2018).

Dalam survei tersebut, pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Daniel-Yana Mulyana unggul atas dua pasangan lainnya.

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun menjelaskan elektabilitas atau tingkat keterpilihan pasangan Oded-Yana memimpin sebesar 42,0 persen.

Kemudian, disusul pasangan Nurul Arifin-Chairul Yaqin dengan 30,5 persen dan di tempat ketiga diduduki pasangan Yossi Irianto- Aries Supriatna dengan 16,9 persen. Sedangkan, yang belum menentukan pilihan sebesar 10,6 persen.

"Berdasarkan temuan survei dengan menanyakan siapa yang akan dipilih jika pilkada dilakukan saat ini, ternyata elektabilitas pasangan Oded-Yana sementara ini masih unggul," kata Rico, Sabtu (23/6/2018).

Menurut dia, data survei menunjukkan pasangan Oded-Yana unggul karena faktor kinerjanya yang dianggap positif di mata warga Kota Bandung selama menjadi Wakil Wali Kota Bandung.

"Berdasarkan temuan survei, diketahui masyarakat Kota Bandung yang merasa puas dengan kinerja Oded selama menjadi Wakil Wali Kota Bandung cukup tinggi 68,5 persen. Sedangkan yang tidak puas hanya 18,9 persen," ujarnya.

Namun, Rico mengatakan dinamika dalam Pilkada Kota Bandung masih mungkin terjadi mengingat jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan masih sekitar 10,2 persen.

Median menggelar survei opini publik di Kota Bandung sebelum pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan wawancara dan pengumpulan data lapangan pada 19-22 Juni 2018.

Dalam survei ini, jumlah sampel yang diambil sebanyak 800 responden dengan menggunakan metode multistage random sampling dan margin of error sebesar 3,4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel.[ris]

Komentar

x