Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 September 2018 | 01:33 WIB

KPU Gelar Pleno Rekapitulasi DPS Pemilu 2019

Sabtu, 23 Juni 2018 | 12:12 WIB

Berita Terkait

KPU Gelar Pleno Rekapitulasi DPS Pemilu 2019
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara dan Daftar Pemilih Sementara Luar Negeri (DPSLN) untuk Pemilu 2019.

"Hari ini KPU melaksanakan rekapitulasi DPS 2019. Akan disampaikan hasil rekapitulasi DPS dari 34 provinsi, termasuk juga DPS di 130 perwakilan luar negeri," ujar Komisioner KPU Viryan Azis di Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Viryan mengatakan jumlah DPS dan DPSLN akan direkapitulasi seusai pleno selesai yang diperkirakan petang nanti.

Selanjutnya jumlah DPS dan DPSLN memasuki tahap perbaikan sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Agustus 2018.

Menurut Viryan, laporan DPS dari 34 provinsi sudah diterima KPU RI, sedangkan DPSLN dari 130 perwakilan tiga di antaranya belum diterima hingga Sabtu pagi karena ada perbedaan waktu.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan rapat pleno rekapitulasi DPS merupakan langkah awal yang harus dilalui sebelum menetapkan DPT 2019.

Dia berharap seluruh pihak dapat memberikan masukan kepada KPU RI atas proses penetapan DPT hingga Agustus nanti.

Dalam rapat pleno tersebut hadir sejumlah perwakilan Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, Komisi II DPR, partai politik dan sejumlah elemen pegiat pemilu.[tar]

Komentar

x