Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 10:49 WIB

BPBD Banyuwangi Siapkan Pengungsian

Sabtu, 23 Juni 2018 | 01:15 WIB

Berita Terkait

BPBD Banyuwangi Siapkan Pengungsian
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi menyiagakan tenda pengungsian, dapur umum, dan posko bencana untuk korban banjir bandang di Balai Desa Alas Malang.

"Sebagian warga yang rumahnya rusak berat ditampung sementara di tenda pengungsian, namun ada juga warga yang memilih tinggal sementara di rumah sanak saudaranya yang tidak terdampak banjir bandang," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi Eka Muharam, Jumat (22/6/2018) malam.

BPBD mencatat sebanyak 328 rumah rusak berat akibat banjir bandang dan hingga saat ini dinyatakan tak ada korban jiwa dari musibah tersebut.

Banjir bandang terjadi pada Jumat karena hujan deras yang turun dari lereng Gunung Raung di Kecamatan Songgon sejak Kamis (21/6/2018) malam.

Hujan tersebut menyebabkan longsor dan tumbangnya pohon-pohon di hutan lereng Gunung Raung, sehingga material longsor dan kayu gelondongan menyumbat sungai dan aliran permukaan. Saat hujan terus berlangsung, akhirnya terjadi banjir bandang di sepanjang Sungai Badeng, Sungai Binau, dan Sungai Kumbo.

"Sejumlah kecamatan yang dilewati Sungai Badeng, yakni Kecamatan Songgon, Singojuruh, Rogojampi dan Blimbingsari sebenarnya terdampak dari banjir bandang tersebut, namun kondisi yang paling parah dan menerjang permukiman warga berada di Desa Alas Malang, Kecamatan Singojuruh, sehingga kami fokus di sini dulu," tuturnya. [tar]

Komentar

x