Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 14 Agustus 2018 | 16:25 WIB

Pencopotan Wakapolda Maluku, Ini kata Wakapolri

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 21 Juni 2018 | 15:05 WIB
Pencopotan Wakapolda Maluku, Ini kata Wakapolri
Wakapolri Komjen Syafruddin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakapolri Komjen Syafruddin angkat bicara terkait pencopotan Wakapolda Maluku, Brigjen Hasannudin.

Syafruddin menegaskan pencopotan ini demi menjaga netralitas dan profesionalitasme Polri dalam menghadapi Pilkada serentak 2018.

"Semalam sudah saya perintahkan Asisten SDM Polri untuk mengganti perwira tinggi yang diduga tidak netral dengan Pati dari Mabes. Semua itu demi menjaga nama baik Polri yang sejak awal ingin menjaga profesionalitas dalam pilkada langsung 27 Juni di seluruh wilayah Indonesia," kata Syafruddin, Kamis (21/6/2018).

Syafruddin menjelaskan sikap Polri sudah jelas akan netral pada gelaran Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang. Sesuai arahan Kapolri, seluruh anggota Polri harus bersikap netral pada gelaran pesta demokrasi ini.

"Sebelumnya juga sudah ada arahan kepada semua jajaran melalui video conference oleh kapolri bahwa semua perwira polri harus netral. Tidak boleh berpihak. Akan ada sanksi tegas bila terduga kuat memihak," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mencopot Wakapolda Maluku Brigjen Hasannudin. Pencopotan ini diduga terkait kampanye yang dilakukan Hasannudin untuk mendukung Calon Gubernur Maluku Irjen (Purn) Murad Ismail.

Pencopotan ini tertuang dalam surat telegram No. ST/1535/VI/Kep/2018 tanggal 20 Juni 2018. Posisi Hasannudin diganti oleh Dirtipidkor Bareskrim Polri yakni Brigjen Akhmad Wiyagus.[jat]

Komentar

x