Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 08:14 WIB

Cuaca Ekstrem Ancam Kepulauan Masalembu & Kangean

Rabu, 20 Juni 2018 | 21:19 WIB

Berita Terkait

Cuaca Ekstrem Ancam Kepulauan Masalembu & Kangean
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Sumenep - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai cuaca ekstrem di Laut Jawa Bagian Timur, termasuk Perairan Kepulauan Masalembu dan Kangean.

"Tinggi gelombang laut di perairan Kepulauan Masalembu dan Kepulauan Kangean mencapai 3 meter," kata Kepala Stasiun Meteorologi Kelas III Kalianget, Usman Kholid, Rabu (20/06/2018).

Sedangkan kecepatan angin di Laut Jawa bagian timur maksimal 28 knots atau 50 km/ jam.

"Kondisi cuaca seperti itu cukup membahayakan bagi pelayaran kapal-kapal regular yang biasa beroperasi di rute kepulauan Sumenep," ungkapnya.

Namun menurutnya, kewenangan mengijinkan kapal berlayar atau tidak, berada di tangan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget.

"Selama ini KSOP Kalianget selalu berkoordinasi dengan kami dalam menerbitkan surat persetujuan berlayar. Karena tujuannya sama, mengedepankan keselamatan pelayaran," ujarnya.

Sebelumnya, sejunlah kapal rute kepulauan Sumenep menunda pelayaran akibat cuaca buruk. Salah satunya kapal express Bahari yang merupakan armada kapal mudik gratis dari Pulau Kangean ke Pelabuhan Kalianget.

Selain itu, Kapal perintis Sabuk Nusantara tujuan Pulau Masalembu hingga Rabu masih menunda pelayaran karena cuaca laut belum kondusif. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x