Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 09:16 WIB
 

Motif Pemerintah Lantik Iriawan Dipertanyakan

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 19 Juni 2018 | 05:08 WIB
Motif Pemerintah Lantik Iriawan Dipertanyakan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menilai pemerintah telah membohongi publik terkait pelantikan Komjen M Iriawan sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Jawa Barat.

"Pemerintah bisa dianggap telah melakukan kebohongan publik, bahkan penipuan terhadap rakyat," kata Fadli melalui akun twitternya @fadlizon yang dikutip Senin (18/6/2018).

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini menjelaskan masalah Iriawan pernah menjadi kontroversi juga pada bulan Januari hingga Februari 2018, namun pemerintah berdalih.

"Saat itu pemerintah baik Kemendagri RI, Polri dan kemudian Menko Polhukam pada 20 Februari 2018 akhirnya menyatakan usulan tersebut telah ditarik oleh pemerintah," ujarnya.

Menurut dia, langkah pemerintah selain mencederai semangat reformasi memang tak ada alasan untuk menjadikan perwira aktif sebagai Pj Gubernur Jawa Barat.

"Masih banyak pejabat lain yang lebih pas menduduki posisi itu termasuk pejabat di lingkungan @Kemendagri_RI," jelas dia.

Oleh karena itu, Fadli mengatakan tetap ditunjuknya nama Iriawan tentu memunculkan pertanyaan kenapa pemerintah begitu ngotot menjadikannya sebagai Pjs Gubernur Jawa Barat.

"Sehingga sampai tak segan menjilat ludah sendiri? Apa motifnya? Dulu alasannya rawan, tapi sejuah ini Pilkada Jabar aman-aman saja," katanya.

Ia menambahkan alasan Dirjen Otonomi Daerah yang mengatakan Komjen Iriawan saat ini bukan lagi perwira aktif di lingkungan Mabes Polri, karena yang bersangkutan sedang menjabat Sestama Lemhanas merupakan alasan yang mengada-ada.

"Alasan itu hanya mengkonfirmasi sejak awal yang bersangkutan memang sudah diplot harus jadi Pj Gubernur Jabar. Sehingga, mutasi yang bersangkutan dari Mabes Polri ke Lemhanas pada Maret silam hanya dilakukan untuk memuluskan rencana @Kemendagri_RI saja," tandasnya.[ris]

Komentar

x