Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 21:42 WIB
 

Isu Fatwa Pilih Khofifah, Kyai Jatim Lapor Polisi

Oleh : - | Senin, 18 Juni 2018 | 22:30 WIB
Isu Fatwa Pilih Khofifah, Kyai Jatim Lapor Polisi
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Sejumlah Kyai dari lima kabupaten di Jawa Timur mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jawa Timur, Senin (18/6/2018).

Tujuan mereka mendatangi polisi untuk melaporkan pihak yang dianggap bertanggung jawab mengeluarkan fatwa fardhu 'ain untuk memilih pasangan Calon Gubernur Khofifah Indar Parawansa beserta wakilnya, Emil Dardak.

Pengasuh Pondok Pesantren Cangaan Bangil, Kabupaten Pasuruan, KH Fahrur Rozie mengatakan dirinya merasa terpanggil karena merasa terganggu dengan adanya isu fatwa yang menghiasi media.

Dirinya datang ke SPKT bersama 13 Kyai serta para ulama yang berasal dari Situbondo, Probolinggo, Lumajang, Pasuruan dan Bangkalan siang tadi. Ia pun membawa sejumlah barang bukti.

Barang bukti yang dibawa sebagai pelengkap laporan antara lain jepretan kutipan berita di berbagai media daring, unggahan di sejumlah media sosial dan beberapa video yang diunggah di youtube.

"Menurut kami, ini tidak mengatasnamakan forum tapi tokoh per tokoh dari lima kabupaten," ujar Fahrur di Surabaya, Senin (18/7/2018).

Ia menambahkan, fatwa yang dikeluarkan tersebut meresahkan dunia santri dan termasuk bentuk ujaran kebencian yang terjadi di tengah proses demokrasi negeri ini.

"Serta tidak demokratis di tengah kontestasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tanggal 27 Juni mendatang. Kami bersusah payah mensosialisasikan yang kami dukung, dengan adanya fatwa tersebut kami merasa terusik," jelasnya.

"Sebelumnya, sudah kita ingatkan bahwa fatwa tersebut sebaiknya dicabut, sudah lima kali kita ingatkan tapi tidak digubris. Akhirnya kami bermusyawarah dengan ulama lintas kabupaten dan klimaksnya kita laporkan hari ini," tandasnya.

Fahrur mengharapkan pihak kepolisian segera menindaklanjuti laporan tersebut. Untuk diketahui, fatwa Fardhu Ain yang dikeluarkan oleh KH. Asep Saefudin Chalim untuk mendukung salah satu pasangan calon Gubernur Jawa Timur Khofifah-Emil menjadi sorotan berbagai pihak setelah hal tersebut diunggah ke berbagai media sosial.

Komentar

x