Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 00:48 WIB

Puncak Arus Balik 2018 Diprediksi 19-20 Juni

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 14 Juni 2018 | 16:43 WIB
Puncak Arus Balik 2018 Diprediksi 19-20 Juni
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi memprediksi puncak arus balik lebaran 2018 akan terjadi selama 2 hari. Puncaknya yakni pada 19 dan 20 Juni 2018.

"Kita rapat untuk melakukan perencanaan arus hilir arus mudik balik. Beberapa hal yang kita putuskan adalah puncak mudik terjadi pada 19-20 Juni," kata Budi Karya di Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Kamis (14/6/2018).

Budi mengatakan sejumlah persiapan telah dilakukan oleh pihaknya dan stakeholder terkait. Salah satu hal yang paling disorot adalah rest area yang menjadi biang kemacetan saat arus mudik.

"Berkaitan dengan apa yang kita identifikasi pada saat arus mudik itu memang dibutuhkan beberapa rest area dan parkir tambahan. Dari yang kita konsolidasikan ada 24 tempat rest area dan parkir dari Semarang sampai ke Jakarta. 12 yang dari Semarang ke Cikampek. 12 Cikampek sampai ke yang Jakarta," ucap Budi.

"Saya memberikan catatan agar pintu masuk dari rest area itu harus dijaga dengan suatu kordinasi yang baik. Nanti akan dikoordinasikan oleh Asops Kapolri," imbuh Budi.

Budi menambahkan akan ada kebijakan terhadap truk-truk bersumbu tiga untuk tidak melewati jalur tol pada tanggal tersebut. Ia sudah memerintahkan jajarannya untuk memberikan surat edaran terkait himbauan truk melintas di jalur tol saat arus balik.

"Kita akan menambahkan untuk kendaraan 3 sumbu, nanti pak dirjen akan membuat surat edaran kepada stakeholder untuk tiga sumbu diimbau tidak melalui jalur-jalur tol dan tol fungsional tersebut," tutur Budi.

Sementara itu, Asisten Operasi Kapolri Irjen Deden Juhara mengatakan akan ada penambahan personel di rest area untuk mengamankan arus para pemudik yang hendak balik. Selain itu, kebijakan Contra flow atau one way saat arus mudik akan dilakukan jika kepadatan sudah tak mungkin terurai.

"Kita akan menambah kekuatan anggota Polri dan yang lainnya. Sehingga diharapkan pemudik yang akan balik merasa aman," kata Deden.

"Arus balik yang akan menentukan apakah akan dibuat satu jalur beliau yang menentukan. Seperti yang dilihat rekan-rekan tadi malam, bisa lancar karena dibuat satu jalur sehingga bisa cukup nyaman. Nanti kebijakan Kakorlantas di lapangan," imbuh Deden. [ton]

Komentar

x