Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 20:51 WIB
 

Arus Balik, Menhub Bakal Kampanyekan Kuliner Milir

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 14 Juni 2018 | 15:11 WIB
Arus Balik, Menhub Bakal Kampanyekan Kuliner Milir
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sudah berancang-ancang untuk persiapan arus balik lebaran 2018. Budi pun memberi pesan kepada pemudik untuk balik ke kota membawa oleh-oleh khas kampung halaman.

"Kami akan buat kampanye kuliner milir yang saat ini dimana masing-masing kota dengan kearifan lokalnya (oleh-olehnya)," kata Budi Karya di Gedung Korlantas Polri, Jakarta Selatan, Kamis (14/6/2018).

Budi mengatakan pemerintah mengangkat slogan 'kuliner milir' atau disebut promo arus balik dengan membawa oleh-oleh khas kampung halaman pemudik. Nantinya, pemerintah sudah menyiapkan lahan di rest area bagi para pedagang kaki lima (PKL).

"Nanti akan ada di jalur-jalur fungsional itu sifatnya kita akan mempromote kota-kota sepanjang itu sebagai rest area, tempat jual beli oleh-oleh dan makan. Yaitu beberapa Kota Batang, Tegal, Brebes. Kalau memang mau di Pekalongan juga bisa tapi agak jauh," ujar Budi.

Pemberlakuan PKL untuk menggelar lapak dagangan khas daerah itu akan ditempatkan di rest area tol fungsional. Sementara rest area tol operasional akan difungsikan seperti biasa.

"Sedangkan yang lain difungsikan sesuai fungsi-fungsinya, secara khusus hanya di tol fungsional," ucap Budi.

"Kita akan dibantu BUMN dan swasta yang ada disana, lalu jasa Raharja, jasa marga, cipta karya untuk mengkampanyekan itu agar kota-kota itu tidak ditinggalkan begitu saja," imbuh Budi.

Budi pun memprediksi arus balik akan terjadi puncak pada 19-20 Juni 2018. Pihaknya dan stakeholder terkait sudah menetapkan beberapa titik yang menjadi biang kemacetan agar bisa dihindari pada arus balik nanti. [ton]

Komentar

 
x