Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 00:53 WIB

Jokowi Akui Kerja Diplomat Kunci RI Jadi DK PBB

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 12 Juni 2018 | 19:02 WIB
Jokowi Akui Kerja Diplomat Kunci RI Jadi DK PBB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan ada beberapa hal yang menyumbangkan Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Pertama, kata Jokowi, kondisi dalam negeri Indonesia yang demokratis stabil dan damai sehingga kondisi ini memiliki kontribusi yang besar dalam pemenangan Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB.

"Rekam jejak dan kontribusi diplomasi Indonesia dalam turut menjaga perdamaian dunia," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (12/6/2018).

Selain itu, Jokowi mengatakan independensi politik luar negeri Indonesia yang dalam posisi netral politik luar negeri Indonesia. Kemudian, peran Indonesia dalam menjembatani perbedaan yang ada termasuk negara-negara yang sedang dilanda konflik.

"Lalu, perolehan ini juga merupakan sebuah hasil kerja keras dalam jangka panjang dari diplomat-diplomat kita, diplomat-diplomat Indonesia," ujarnya.

Di samping itu, Jokowi mengatakan kampanye Indonesia dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dan dengan cara yang bersih tidak menghambur-hamburkan uang. Namun, lebih mengedepankan rekam jejak dan visi Indonesia.

"Juga dari setiap pertemuan kita dengan kepala negara, kepala pemerintahan negara-negara sahabat kita selalu mengangkat isu pencalonan Indonesia di DK PBB ini. Dan kita selalu meminta dukungan dari negara-negara sahabat," tandasnya.[jat]

Tags

Komentar

x