Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 15:36 WIB
 

Cagub Karolin Petakan Wilayah untuk Pertanian

Oleh : - | Senin, 11 Juni 2018 | 17:11 WIB
Cagub Karolin Petakan Wilayah untuk Pertanian
Calon Gubernur Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Calon Gubernur Kalimantan Barat Karolin Margret Natasa mengaku telah melakukan pemetaan terhadap wilayah-wilayah untuk sektor pertanian dengan komoditi yang cocok.

Misalnya di Kecamatan Terentang, Kabupaten Kubu Raya, Karolin melihat daerah ini sangat potensial sebagai daerah penghasil sayur di Kalimantan Barat.

"Sangat mungkin Terentang itu menjadi sentra pertanian sayur. Saya siap mengembangkan daerah ini sebagai daerah penghasil sayur di Kalbar," kata Karolin.

Menurut dia, harus ada pendampingan secara kontinyu terhadap petani agar bisa menghasilkan sayur yang berkualitas. Karena itu, penggarapan lahan diakukan dengan mekanisme pertanian yang baik, ia yakin produksi akan lebih maksimal.

"Selama ini, 70 persen sayur mayur yang beredar di Kubu Raya dan Pontianak berasal dari Terentang. Untuk itu, sudah sepatutnya jika pengembangan lahan pertanian yang ada, sebagai lahan penanaman sayur-mayur," katanya.

Dengan melihat besarnya potensi pertanian sayur-mayur yang ada di Kecamatan Terentang, ia berpendapat bahwa sektor ini dapat menjadi program unggulan dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Selain sayur mayur, pertanian dan perkebunan juga akan menjadi program utama untuk Kecamatan Terentang di dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga. Tentunya ini yang akan kita dorong dan kita tingkatkan sarana infrastruktur yang ada untuk menopang potensi itu," terangnya.

Guna mendorong mekanisasi pertanian berjalan dengan baik ke depan, Karolin siap memperjuangkan petani-petani Kalbar untuk bisa mendapatkan alat dan mesin pertanian (alsintan), baik itu dari bantuan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

"Ini akan kita perjuangkan. Pertanian ke depan menjadi sektor yang sangat penting. Terlebih lagi di saat ketersediaan lahan sudah menipis akibat pembangunan, maka sektor ini sangat strategis. Saya berharap masyarakat untuk tetap mempertahankan lahannya. Bagi yang bekerja sebagai petani, teruskan untuk digarap," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x