Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 22 September 2018 | 19:07 WIB

Pemudik Diimbau Waspada Nikmati Jalanan Tol Baru

Oleh : Willi Nafie | Minggu, 10 Juni 2018 | 21:40 WIB

Berita Terkait

Pemudik Diimbau Waspada Nikmati Jalanan Tol Baru
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah telah membangun sejumlah infrastruktur jalan bagi para masyarakat menjelang Lebaran 2018 untuk dinikmati saat pulang ke kampung halaman alias mudik, namun masyarakat harus tetap waspada.
Pengamat Transportasi dari Universitas Indonesia, Ellen Tangkudung mengapresiasi pengoperasian beberapa ruas tol baru yang dibangun oleh Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK). Karena, hal itu sangat membantu mengurai kemacetan saat mudik.
"Itu kan membantu mengurai kepadatan dan dilihat sih sudah layak jalan, kecuali yang masih fungsional. Itu harus diantisipasi dengan hati-hati kalau saya lihat sih sudah cukup baik," katanya kepada wartawan, Minggu (10/6/2018).
Menurut dia, pemerintah sudah maksimal dan koordinasinya sangat bagus, baik antar kementerian maupun dengan pihak swasta untuk menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah.
"Kalau saya lihat sampai sekarang persiapannya masih baik, tinggal yang penting pemudiknya harus mempersiapkan dirinya," ujarnya.
Namun demikian, Ellen mengingatkan kepada masyarakat yang menggunakan beberapa ruas jalan tol baru untun tetap hati-hati dan operator juga harus memasang rambu-rambu serta peringatan agar membantu para pengguna jalan.
"Para pengguna yang harus ekstra hati-hati karena mereka belum kenal kan," jelas dia.
Sementara Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan siaga menikmati infrastruktur jalan dan jalan tol yang dibangun oleh pemerintah saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.
"Silahkan seluruh masyarakat menikmatinya. Kesiagaan dan kewaspadaan adalah kunci utama dalam perjalanan, sehingga para pemudik dapat bertemu dengan keluarga di tempat tujuan masing-masing," kata Moeldoko.
Berdasarkan tim pemantau arus mudik KSP, ada tiga titik kritis yang perlu mendapat perhatian pengguna jalan saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2018.
Pertama titik perpindahan jalur tol operasional ke fungsional, lalu persimpangan jalur fungsional dan jalan nasional di titik Kali Kutho serta jalan darurat di Kali Kenteng. Semua titik kritis itu berada di wilayah Jawa Tengah.

Komentar

x