Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 20:56 WIB

Arus Mudik 2018

Kendaraan Besar Sudah Dilarang Lewat Sukabumi

Sabtu, 9 Juni 2018 | 15:03 WIB

Berita Terkait

Kendaraan Besar Sudah Dilarang Lewat Sukabumi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Sukabumi - Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mulai melarang kendaraan bertonase besar melintas. Tujuannya, supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan mengingat masyarakat sudah mulai bergerak untuk mudik.

"Arus lalu lintas sudah mulai padat apalagi di jalur utara Kabupaten Sukabumi, kepadatan terjadi di beberapa titik," kata Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi, Thendy Hendrayana di Sukabumi, Sabtu (9/6/2018).

Menurut dia, keberadaan kendaraan bertonase besar tentu akan menambah kepadatan arus lalu lintas sehingga bisa membuat kemacetan bertambah parah.

"Pelarangan melintas tersebut diberlakukan hingga H+3 Idul Fitri atau setelah puncak arus balik berakhir," ujarnya.

Kemudian, Thendy mengatakan kendaraan berat yang dilarang beroperasi dari H-3 sampai H+3 Lebaran adalah kendaraan bukan pengangkut pangan atau bahan bakar.

"Untuk kendaraan pengangkut pangan dan bahan bakar minyak (BBM) masih diizinkan melintas karena untuk memenuhi kebutuhan masyarakat apalagi menjelang lebaran konsumsi pangan dan BBM meningkat drastis," jelas dia.

Sementara, Thendy menegaskan apabila masih ada kendaraan bertonase besar yang melanggar maka akan diberikan sanksi tegas kepada pelanggar aturan tersebut seperti mengandangkan kendaraannya.

"Untuk mengamankan dan mengatur arus lalu lintas, kami menurunkan 267 anggota yang akan disebar di titik rawan kemacetan dan tujuh posko khususnya di jalur mudik Sukabumi," tandasnya.[tar]

Komentar

Embed Widget
x