Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 16 November 2018 | 13:33 WIB

Pergur Tinggi Terpapar Paham Terorisme

Jokowi: Keterlibatan Lembaga Agama Penting

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 7 Juni 2018 | 17:17 WIB

Berita Terkait

Jokowi: Keterlibatan Lembaga Agama Penting
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara soal terungkapnya aktivitas terkait aksi teror di lingkungan kampus yang belakangan menjadi kekhawatiran masyarakat.

Jokowi menegaskan, untuk menanggulangi agar paham radikalisme tidak semakin meluas, pemerintah akan terus melakukan proses deradikalisasi yang telah berjalan.

"Memang radikalisme ini tidak muncul tiba-tiba. Ini sudah proses yang lama dan tidak mendadak datang," kata Jokowi di Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Kamis (7/6/2018).

Ia menuturkan, proses-proses untuk deradikalisasi sudah digerakkan oleh pemerintah, misalnya melalui BNPT untuk melakukan pencegahan atau tindakan di Polri dan TNI.

Namun, Kepala Negara menegaskan bahwa proses deradikalisasi yang saat ini digerakkan pemerintah tidak hanya berjalan secara sendirian. Pasalnya, keterlibatan berbagai elemen masyarakat dan organisasi keagamaan juga penting sebagai upaya pencegahan sejak dini.

Dengan demikian, dirinya mengharapkan melalui keterlibatan lembaga-lembaga keagamaan bakal meminimalisir semakin meluasnya paham terorisme di perguruan tinggi.

"Misalnya, Majelis Ulama Indonesia juga ikut berperan, kemudian Nahdlatul Ulama juga ikut berperan dan Muhammadiyah juga kita ajak berperan bersama. Memang kalau melihat data yang terpapar itu angkanya sudah sangat mengkhawatirkan. Ini yang terus akan kita kerjakan," paparnya.

Komentar

Embed Widget
x