Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 07:24 WIB

Jokowi Pastikan Produk Pertanian Dijual Daring

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 7 Juni 2018 | 16:00 WIB

Berita Terkait

Jokowi Pastikan Produk Pertanian Dijual Daring
(Foto: Biro Pers Setpres)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Mitra BUMDes Bersama (MBB) memfasilitasi para petani untuk menjual berasnya dan mengemasnya lebih menarik.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meresmikan program kewirausahaan dan digitalisasi sistem pertanian sebagai upaya mewujudkan korporasi petani, Kamis (7/6/2018).

Ia menambahkan, melalui bantuan MBB, produk-produk pertanian itu akan didistribusikan dan diperjualbelikan melalui pasar daring. Jokowi meyakini, melalui cara itu para petani akan mendapat keuntungan yang jauh lebih besar.

"Nantinya beras-beras yang ada bisa berada pada posisi beras premium, harganya beda. Kemudian menjualnya juga tidak lewat tengkulak. Petani tidak dapat apa-apa kalau caranya seperti ini. Kalau petani bisa berjualan beras baru di situlah petani bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak," tuturnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara turut mendorong para petani untuk bersama-sama pemerintah membenahi sektor pertanian nasional. Menurutnya,di masa mendatang, pangan merupakan salah satu komoditas yang akan menjadi rebutan negara manapun.

"Negara-negara yang tidak memiliki ketahanan pangan akan bingung. Artinya peran petani akan menjadi semakin penting ke depan, menjadi semakin strategis di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia," tandasnya.

Turut hadir mendampingi Jokowi dalam kesempatan ini antara lain Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Agum Gumelar.

Komentar

x