Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 08:57 WIB

PDIP Unggul di Jawa Barat Tapi Tidak untuk Cagub

Oleh : Willi Nafie | Rabu, 6 Juni 2018 | 21:20 WIB
PDIP Unggul di Jawa Barat Tapi Tidak untuk Cagub
Direktur Indikator Buhanudin Muhtadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - PDI Perjuangan unggul dalam tingkat kedekatan antara warga Jawa Barat dengan partai politik. Hal tersebut diketahui dari hasil survei Indikator Politik Indonesia di mana hasilnya, PDIP merajai perolehan suara yakni 21,4 persen.

Kedua Partai Golkar 17,6 persen, PKB 15,2 persen, Partai Gerindra 11 persen, PKS 7,9 persen, Hanura 5,7 persen dan Nasdem 4,2 persen.

"Terus Demokrat 4,1 persen, PPP 3,9 persen, PBB 3,5 persen dan PAN1,7 persen," kata Direktur Indikator Buhanudin Muhtadi, Rabu (6/6/2018).

Padahal Jawa Barat kerap diketahui sebagai basis massa Partai Gerindra , PKS dan PAN. Meski demikian dari hasil survei terhadap empat pasang calon gubernur dan wakil gubernur, pasangan yang diusung PDIP TB Hasanuddin dan Anton Charliyan kalah dari pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum yang lebih unggul.

Di mana 40,9 persen memilih pasangan Rindwan Kamil, Dedy Mizwar dan Dedi Mulyadi 35,6 persen. Sudrajat-Ahmad Syaikhu 5,3 persen dan TB Hasanuddin-Anton Charliyan 2,7 persen. Sementara 15,4 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

"Tapi ini pertarungan belum selesai, kita tunggu di tanggal 27 Juni di hari H nanti. Dan itu ditentukan tim kerja dan pendukungnya," pungkasnya.

Survei Indikator Politik Indonesia memiliki tingkat margin of error kurang lebih 3,5 persen dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka. Dari 5.169 orang gabungan dari seluruh daerah pemilihan di Jawa Barat yang dijadikan sampel basis hanya 800 responden guna mendapat hasil survei di tingkat provinsi.

Data basis survei dibuat sesuai proporsi pemilih di masing-masing kabupaten/kota. Survei ini dilakukan dari bulan Maret hingga Mei 2018.[jat]

Komentar

x