Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 September 2018 | 12:50 WIB

Ganjar Dan Azis Kompak Tak Penuhi Panggilan KPK

Oleh : Ivan Sethyadi | Selasa, 5 Juni 2018 | 09:29 WIB

Berita Terkait

Ganjar Dan Azis Kompak Tak Penuhi Panggilan KPK
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Calon petahana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dipastikan tak akan memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (5/6/2018).

Ganjar yang merupakan mantan pimpinan Komisi II DPR dari Fraksi PDIP itu dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan korupsi proyek e-KTP dengan tersangka Irvanto Hendra Pambudi dan Made Oka Masagung.

"Pada pokoknya menyampaikan tidak dapat hadir dan meminta penjadwalan ulang dengan pertimbangan sedang mempersiapkan pencalonan sebagai kepala daerah," kata Febri saat dikonfirmasi.

Selain Ganjar, dalam mengusut kasus ini, tim penyidik KPK juga menjadwalkan memeriksa politikus Partai Golkar, Aziz Syamsuddin. Namun, seperti halnya Ganjar, Aziz pun tak dapat memenuhi panggilan penyidik."Aziz Syamsudin menyampaikan ada kegiatan partai di Lampung di hari Selasa dan rapat dengan Menko di hari Kamis. Sehingga meminta penjadwalan kembali di tanggal 6 Juni 2018," katanya.

Sejak kemarin, sejumlah politisi elit memang diperiksa KPK. Mereka diantaranya mantan Ketua Banggar DPR, Melchias Markus Mekeng dan mantan pimpinan Komisi II DPR, Agun Gunandjar. KPK juga telah memanggil politikus Golkar lainnya, Bambang Soesatyo. Namun, Ketua DPR itu mangkir dengan alasan adanya kegiatan lain.

Sementara Irvanto yang juga keponakan Setya Novanto, tercatat sebagai salah satu panitia dalam Rapimnas Golkar di Bogor dan Munas Golkar di Bali.Saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Irvanto mengaku kerap bertemu dengan sejumlah politikus Partai Golkar. Beberapa diantaranya, Aziz Syamsuddin yang menjabat Ketua Koordinator Bidang Perekonomian DPP Partai Golkar, dan Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Fayakhun Andriadi.

Tak hanya Ganjar dan Aziz Syamsuddin, untuk mengusut kasus ini, tim penyidik juga menjadwalkan memeriksa sejumlah anggota DPR lainnya. Namun, Febri masih menutup rapat para legislator yang bakal diperiksa tim penyidik."Selain itu, sejumlah saksi lain dari anggota DPR juga diagendakan hari ini," katanya. [rok]

Komentar

x