Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 14:03 WIB

AHY: Saya Punya Ikatan Emosional dengan Sumut

Oleh : Ajat M Fajar | Senin, 4 Juni 2018 | 21:17 WIB

Berita Terkait

AHY: Saya Punya Ikatan Emosional dengan Sumut
Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Deli Serdang - Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan dirinya memiliki kedekatan emosional dengan wilayah Sumatera Utara (Sumut).

"Saya punya ikatan emosional dengan Sumatera Utara karena menikah dengan putri Tabagsel (Tapanuli bagian selatan). Jadi anak saya pun separuh Batak juga," terang AHY di hadapan ratusan masyarakat Kabupaten Deli Serdang saat silaturahmi dengan tokoh agama dan adat Sumatera Utara di Wing Hotel, Kabupaten Deli Serdang, Senin (4/6/2018).

Acara yang mengambil tema "Kebersamaan dalam Kebhinekaan" itu dihadiri ratusan perwakilan masyarakat Deli Serdang yang hadir menggunakan pakaian adat mewakili suku mereka masing-masing. Pakaian adat khas suku Karo, Melayu, Batak Toba, Tabagsel, Tamil, Jawa dan Simalungan mewarnai ruangan tersebut.

AHY mengapresiasi dengan maraknya baju adat yang dipakai pada acara yang dihadirinya tersebut.

"Ini adalah bukti bahwa semakin beragam tetapi semakin bersatu pula, maka Indonesia akan semakin kaya dan kuat. Begitu indahnya berbagai ragam kekhasan suku atau daerah yang dikenakan oleh Bapak Ibu sekalian. Semua itu tidak menghalangi kita untuk membangun kebersamaan ini," katanya.

Dalam sambutannya, AHY kembali mengingatkan bahwa Pancasila adalah warisan leluhur para pendahulu kita. Pancasila juga merupakan ideologi yang memersatukan masyarakat Indonesia. Dengan itu AHY mengimbau agar kita sebagai masyarakat agar tetap merawat persatuan Indonesia dengan utuh.

"Jangan kita habiskan waktu untuk membenturkan perbedaan identitas yang kita miliki. Kita harus semakin mensyukuri bahwa Indonesia sampai dengan hari ini utuh bersatu dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelas AHY disambut tepuk tangan masyarakat yang hadir.

Menutup silaturahmi hangat ini, AHY yang hadir didampingi istri Annisa Pohan berfoto bersama para tokoh adat dan tokoh agama yang hadir. Diterima dengan hangat oleh masyarakat Deli Serdang, AHY dan Annisa kemudian menerima kain Ponade, yaitu kain ulos berwarna oranye dilengkapi motif khas suku Tamil.

Kepada awak media yang hadir, AHY mengungkapkan kebahagiaannya dapat menginjakkan kaki di Sumatera Utara. "Ini melepas rindu setelah sekian lama saya dan istri tidak pulang ke Medan. Kalau istri lagi edisi pulang kampung ini," gurau AHY.

Sementara itu, Calon Wakil Gubernur Sumatera Utara nomor urut satu Musa Rajekshah menyampaikan harapannya kepada AHY. "Semoga Mas Agus betah di sini. Kami di Sumut memiliki beragam suku dan agama, semoga kedatangan Mas AHY semakin membangkitkan kebhinnekaan dan semangat kita," harap Musa.

Deputi Media dan Humas Kogasma, Putu Supadma Rudana mengatakan bahwa kedatangan AHY ke Medan untuk berdialog, peduli dan menyerap aspirasi masyarakat terutama masyarakat milenial.

"Sumatera Utara mempunyai penduduk terbesar ke-4 di Indonesia, beragam golongan suku, agama, tua dan muda ada disini. Tentu saja kedatangan AHY ke Medan juga ingin memberikan semangat kepada pemuda di Sumatera Utara untuk terus memiliki rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air. Mari kita rawat persatuan Indonesia demi menuju Indonesia emas 2045," Ucap Putu.

AHY dan Annisa tiba di Bandara Internasional Kualanamu pukul 09.00 WIB. Sesampainya di bandara, AHY dipakaikan selempang dan tengkuluk, topi adat khas Melayu dengan motif bunga Pucuk Rebung berwarna biru muda.

Turut hadir menyambut AHY di Kabupaten Deli Serdang diantaranya, Wakil Ketua DPR RI Fraksi Partai Demokrat Agus Hermanto, Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat dan Wakil Komandan Satu Kogasma Teuku Riefky Harsya, Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun dan Sayed Abubakar.

Hadir pula Ketua DPD Sumut Herri Zulkarnain, Ketua DPC Deli Serdang Anita Tambunan, dan Sultan Serdang Tuanku Achmad Taala Syariful Alam.[jat]

Komentar

Embed Widget
x