Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 Juni 2018 | 19:31 WIB
 

Merintangi Penyidikan

Fredrich Dituntut Penjara 12 Tahun

Oleh : Ivan Setyadi | Kamis, 31 Mei 2018 | 18:14 WIB
Fredrich Dituntut Penjara 12 Tahun
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Terdakwa kasus merintangi penyidikan e-KTP, Fredrich Yunadi dituntut hukuman fantastis oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Karena melindungi Setya Novanto, Fredrich diganjar tuntutan penjara 12 tahun. "Menuntut Terdakwa dengan pidana penhara selama 12 tahun, dikurangi masa tahanan yang telah dijalani, terdakwa tetap dalam tahanan dan denda 600 juta subsider 6 bulan," kata Jaksa Takdir Suhan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (31/5/2018).

Jaksa menganggap Fredrich terbukti secara sah dan meyakinkan merekayasa rekam medis Setya Novanto selaku kliennya untuk menghindari kejaran penyidik KPK di kasus e-KTP.

Dalam menyusun tuntutan, Jaksa bahkan tidak melihat ada faktor yang meringankan untuk Fredrich.

Sederet hal memberatkan ditulis Jaksa demi menggenapkan tuntutan 12 tahun penjara. "Selaku advokat justru melakukan perbuatan tercela dan bertentangan dengan norma hukum serta melakukan segala cara untuk membela kliennya," ujar jaksa.

"Terdakwa yang mengaku berpendidikan tinggi justru kerap kali melakukan tindakan yang tidak pantas atau kasar bahkan terkesan menghina pihak lain sehingga telah merendahkan kewibawaan martabat dan kehormatan lembaga peradilan," sambungnya panjang.

Selain itu, Fredrich juga kerap berbelit-belit dalam persidangan dan tidak menyesali perbuatannya.[jat]

Komentar

 
x