Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 Desember 2018 | 19:27 WIB

2 Warga Sumenep Simpan Bahan Peledak

Kamis, 31 Mei 2018 | 16:49 WIB

Berita Terkait

2 Warga Sumenep Simpan Bahan Peledak
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Sumenep - Unit Resmob Polres Sumenep meringkus dua warga setempat yang kedapatan menyimpan bahan peledak.

Dua tersangka itu yakni Sugianto (27), warga Desa Kertasada, Kecamatan Kalianget, dan Darso (45), warga Desa Giring, Kecamatan Manding.

"Kedua tersangka ini kedapatan memiliki, menguasai, dan menyimpan bahan peledak yang digunakan sebagai bahan pembuatan mercon," kata Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Abd. Mukit, Kamis (31/05/2018).

Dari tangan kedua tersangka, polisi berhasil mengamankan serbuk bahan peledak warna silver dengan berat total 4,7 kg. Kemudian serbuk arang 0,5 kg, beberapa sobekan kertas minyak warna kuning yang akan digunakan sebagai sumbu mercon, dan beberapa lembar kertas semen yang sudah dipotongi dengan lebar 10 cm.

"Selain itu, petugas juga menyita 85 selongsong mercon, 3 mercon jadi, dan sebilah bambu ukuran 17 cm," ungkap Mukit.

Ia menjelaskan, tersangka Sugianto menyimpan bahan-bahan pembuat mercon itu di rumah mertuanya, di Desa Kertasada. Saat diinterogasi, tersangka mengaku membeli bahan-bahan mercon itu dari Darso.

"Darso kemudian ditangkap di rumahnya. Saat digeledah, Darso didapati juga menympan bahan peledak untuk mercon," ujarnya.

Kedua tersangka diamankan di Mapolres Sumenep untuk mengikuti proses penyidikan lebih lanjut. Tersangka dijerat pasal 1 ayat (1) dan (3), undang-undang darurat RI nomor 12 tahun 1951 tentang bahan peledak.[beritajatim]

Komentar

x