Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 18 November 2018 | 07:49 WIB

PKB Harap Waisak Dimanfaatkan Menyebar Cinta Kasih

Oleh : Agus Irawan | Selasa, 29 Mei 2018 | 13:30 WIB

Berita Terkait

PKB Harap Waisak Dimanfaatkan Menyebar Cinta Kasih
Wasekjen PKB, Daniel Jonan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - PKB berharap momentum perayaan Waisak dimanfaatkan umat Buddha menyebarkan cinta kasih dan nilai-nilai kemanusian untuk mengatasi kemiskinan.

Wasekjen PKB, Daniel Jonan, mengatakan, hari raya Waisak dirayakan umat Buddha untuk mengenang 3 peristiwa penting. Buddha yang artinya penuh kesadaran mengajarkan kepada dunia tentang cinta, belas kasih, dan nilai-nilai kemanusiaan.

Dalam setiap Waisak diingatkan untuk saling mengasihi, menjauhkan diri dari kebencian, keserakahan, yang banyak menimbulkan derita sosial bagi dunia ini.

"Kebencian, keserakahan, hidup tanpa memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan akan menimbulkan derita sosial. Di hari Waisak ini mari kita sebar nilai-nilai cinta, persaudaraan, dan solidaritas sosial agar keadilan dan martabat kemanusiaan semakin tegak," kata Daniel, Selasa (29/5/2018).

Menurut Daniel, semua agama memiliki akar untuk membawa pembebasan, baik secara individu maupun sosial, yang mengajarkan kita pada kebajikan, menjauhkan insannya dari kemungkaran dan kebatilan.

"Tantangan terbesar bagi semua agama adalah bagaimana mengatasi derita sosial berupa kemiskinan dan ketidakadilan sosial. Sesama umat beragama penting bekerja sama untuk mewujudkan pembebasan sosial ini," ujarnya.

Dia mengungkapkan mengatasi kemiskinan dan ketidakadilan sosial bisa menjadi inti bersatunya kekuatan agama-agama untuk bekerja sama.

"Dan Buddha mengajarkan untuk mengatasi keserakahan dan kebencian yang menjadi akar dari derita sosial ini," jelasnya.

Karena itu, kata dia, semangat persaudaraan, dialog, rasa saling menghormati, saling mencintai, saling percaya, saling menjaga antarsesama umat beragama menjadi sangat penting. Nilai-nilai kemanusiaan ini yang bisa menyatukan keberagaman yang ada.

"Kita berharap perayaan Waisak tahun ini berjalan dengan lancar, hikmat, dan penuh berkah bagi umat Buddha di seluruh tanah air, apalagi Waisak tahun ini juga bertepatan dengan bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. Atas nama DPP PKB kami mengucapkan Selamat Hari Raya Waisak 2562/2018 bagi seluruh umat Buddha di seluruh tanah air. Damai Waisak untuk Indonesia," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x