Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 19:21 WIB
 

Ketua DPR Ajak Jokowi-JK Bangun Bangsa

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 29 Mei 2018 | 01:18 WIB
Ketua DPR Ajak Jokowi-JK Bangun Bangsa
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ketua DPR Bambang Soesatyo serta Ketua MPR Zulifli Hasan dan Ketua MA Hatta Ali saat mnghadiri acara buka puasa bersama Ketua DPR di Rumah Dinas Ketua DPR, Wijaya Chandra, Jakarta - (Foto: inilahcom/Didik Setiawan)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) serta para pejabat untuk memperkuat kerja sama demi persatuan bangsa dan tidak saling menyalahkan.

"Bagi DPR, tentu sebagai lembaga perwakilan rakyat harus senantiasa menjalankan fungsi check and balance antar cabang kekuasaan negara sesuai koridor UUD 1945. Semuanya dalam kerangka membangun negara yang kita cintai ke arah yang lebih baik," kata Bamsoet, Senin (28/5/2018).

Menurut dia, setelah menjalani puasa Ramadhan 1439 Hijriyah/2018 nanti akan ada event-event di Indonesia di antaranya Pilkada Serentak 2018 dan persiapan Pemilu Serentak 2019. Sehingga, sangat penting momentum silaturahmi demi menjaga persatuan bangsa.

"Marilah di bulan suci Ramadhan ini kita refleksikan sebagai panggilan kepada semua anak bangsa untuk kembali menyatukan hati dan tindakan, untuk selalu mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan kita sendiri," ujarnya.

Ia mengatakan elit politik harus memberikan contoh bagaimana menjalankan toleransi dalam kehidupan, jadikan perbedaan yang ada di Indonesia harus sebagai rahmat. Sehingga, persoalan intoleransi yang kembali merebak bisa ditangani secara tuntas.

"Kita memang berbeda dalam banyak hal, namun tetap bersatu dalam kebersamaan. Ramadhan harus menjadi spirit bersatu padu tetapi tidak menghilangkan keanekaan," jelas dia.

Di samping itu, Bamsoet juga menyinggung dalam buka puasa yang digelarnya ini hadir para kandidat yang siap berlomba untuk mendampingi Jokowi di Pemilu Presiden 2019 mendatang antara lain Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Kemudian, Ketua Umum PPP M Romahurmuziy (Romi), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang berhalangan hadir tapi tetap ingin menjadi calon Wakil Presiden RI. Namun, Bamsoet juga menawarkan opsi lain kepada Jokowi jika bingung memilih nama-nama calon Wakil Presiden nanti.

"Ada Pak Airlanggga, ada Pak Rommy, ada Pak Zulkifli Hasan, ada Muhaimin Iskandar walau berhalangan datang tapi menyampaikan bahwa beliau tetap cawapres. Kalau Pak Jokowi masih bimbang, disini ada Ketua MK, Ketua MA, Ketua KY, Ketua BPK dan ada ketua KPK yang siap melaksakan fit and proper test untuk cawapres Pak Jokowi," tandasnya.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri buka puasa bersama di rumah dinas Ketua DPR Bambang Soesatyo, Kompleks Widya Chandra, Jakarta pada Senin (28/5/2018).

Selain itu, para menteri kabinet juga turut hadir di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Moeldjono serta Menteri Sosial Idrus Marham.

Kemudian, Ketua BPK Moermahadi, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua KPK Agus Rahardjo, Ketua Komisi Yudisial Aidul Azhari, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan dan Kepala PPATK KA Badaruddin. [ton]

Tags

Komentar

x