Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 12:06 WIB
 

Jelang Lebaran, Emil Blusukan ke Pasar

Oleh : - | Senin, 28 Mei 2018 | 16:43 WIB
Jelang Lebaran, Emil Blusukan ke Pasar
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Pasuruan - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak kian fokus blusukan, terutama ke pasar-pasar tradisional untuk memastikan ketersediaan stok sembako dan stabilitas harga menjelang lebaran.

Fakta dan data lapangan yang ditemukan dari aktifitas itu akan dibahas sekaligus dijadikan rekomendasi ke instansi terkait untuk dilakukan antisipasi lebih dini. Langkah ini Ia lakukan semata-mata sebagai tanggung jawab moral dan politik sebagai anak bangsa.

Emil yang ditemui wartawan ketika blusukan ke Pasar Pandaan- Pasuruan pada hari Senin (28/5/2018) mengatakan sejumlah komoditas pokok mengalami kenaikan saat puasa dan diyakini akan terus naik hingga Lebaran.

"Hukum pasar berlaku memang, harga merangkak naik karena naiknya permintaan, namun tugas negara harus bisa memastikan kenaikan harga wajar dan terkendali. Termasuk di dalamnya ketersediaan stok tetap aman," ujar Emil.

Bupati Trenggalek non aktif ini lalu bercerita pengalaman dirinya yang sangat konsen memelototi dinamika harga dan stok pangan selama puasa terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Waktu itu kita menggandeng stake holders terkait untuk melakukan operasi pasar di saat harga beberapa komoditas pasar melambung tinggi. Inilah yang pernah kita lakukan sebagai kepala daerah di Trenggalek. Cuma titik operasi pasarnya yang perlu kita lihat. Sebagai contoh, kadang-kadang di daerah pegunungan yang konturnya luas tentunya kalau ditaruh di ibu kota pasti tidak menjangkau. Jadi kendala-kendala seperti inilah yang belum diperhatikan," papar suami Arumi Bachsin tersebut.

Lebih lanjut Emil menegaskan koordinasi dan komunikasi lintas instansi menjadi penting. "Saya pernah punya pengalaman berkoordinasi dengan Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan, Kementrian Pertanian untuk memastikan komoditi pokok Bulog itu tidak mengalami kenaikan harga di atas kewajaran, diantaranya Daging, beras, telur, gula, garam maupun komoditi pokok lainnya,' tambah Doktor ekonomi pembangunan dan pengembangan kawasan itu. [beritajatim]

Komentar

x