Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Juni 2018 | 22:45 WIB
 

PAN Dukung KPU Larang Eks Napi Korupsi Nyaleg

Oleh : Agus Iriawan | Sabtu, 26 Mei 2018 | 12:56 WIB
PAN Dukung KPU Larang Eks Napi Korupsi Nyaleg
Anggota Komisi II DPR Fraksi PAN Hakam Naja - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi II DPR Fraksi PAN Hakam Naja mendukung langkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang melarang mantan narapidana kasus korupsi menjadi caleg di Pemilu 2019.

"Saya setuju sikap KPU larang mantan napi korupsi ikut caleg di Pemilu 2019," kata Hakam di Gado - Gado Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Hakam menyarankan agar mantan napi korupsi untuk berkarier ke bidang lainnya. "Sebaiknya mantan korupsi berkarir ke bidang lain dan tidak harus menjadi caleg," ujarnya.

Hakam menyebutkan dengan diberlakukan peraturan tersebut, maka memerangi korupsi akan terwujud.

"Posisi PAN tegas, karena peraturan ini akan membawa calon yang mempunyai rekam jejak baik dari sisi kredibilitas dan korupsi semakin berkurang," jelasnya.

Sebelumnya anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan mengatakan pihaknya akan tetap menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) atas pelarangan mantan narapidana korupsi ikut caleg pada Pemilu 2019.

Wahyu mengungkapkan rencana KPU tersebut ditentang DPR, pemerintah dan Bawaslu, tetapi UU KPU disebutkan diperbolehkan tidak mematuhi permintaan mereka.

"Kalau dari UU KPU, KPU boleh membuat PKPI yang berbeda pandangan dengan DPR," kata Wahyu di Gado - Gado, Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Wahyu menjelaskan bahwa KPU memiliki alasan sendiri atas larangan mantan narapidan koruptor ikut caleg. [rok]

Tags

Komentar

 
x