Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 04:17 WIB

Mantan Napi Korupsi

KPU: DPD Dilarang, Kenapa DPR Tidak

Oleh : Agus Iriawan | Sabtu, 26 Mei 2018 | 11:33 WIB
KPU: DPD Dilarang, Kenapa DPR Tidak
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan mempertanyakan sikap Komisi II DPR yang keberatan dengan rancangan PKPU terkait larangan mantan napi korupsi untuk ikut caleg.

Wahyu menyebutkan Komisi II DPR telah meloloskan aturan yang sama untuk pencalonan anggota DPD.

"Pemilu saat ini dilakukan serentak pertama pada 2019 untuk memilih anggota DPR, DPRD, Presiden dan Wakil Presiden, tapi uniknya kita telah rampungkan pencalonan anggota DPD, dalam syarat tersebut adalah calon yang menjadi anggota DPD bukan dari mantan napi korupsi," kata Wahyu di Gado - Gado, Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Wahyu menyebut uniknya kenapa Komisi II DPR meloloskan untuk DPD soal larangan mantan napi korupsi untuk ikut mencalonkan anggota DPD.

"Kita sudah konsultasikan, tapi kenapa soal pelarangan mantan napi korupsi ikut caleg malah ditolak DPR, itu harus kita pertanyakan," ujarnya.

Dia menjelaskan peraturan KPU untuk DPD tersebut syaratnya sama telah diloloskan dan tidak dipersoalkan, kenapa malah soal aturan tersebut diajukan untuk DPR malah ditolak.

Sebelumnya KPU wacanakan mengatur pelarangan mantan napi korupsi ikut caleg di dalam Peraturan KPU (PKPU) atau aturan di internal parpol soal rekruitmen caleg. [rok]

Tags

Komentar

x