Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 18 Juni 2018 | 22:45 WIB
 

KPU Akan Terbitkan PKPU Larangan Eks Napi Nyaleg

Oleh : Agus Iriawan | Sabtu, 26 Mei 2018 | 10:31 WIB
KPU Akan Terbitkan PKPU Larangan Eks Napi Nyaleg
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Wahyu Setiawan mengatakan pihaknya akan tetap menerbitkan Peraturan KPU (PKPU) atas pelarangan mantan narapidana korupsi ikut caleg pada Pemilu 2019.

Wahyu mengungkapkan rencana KPU tersebut ditentang DPR, pemerintah dan Bawaslu, tetapi UU KPU disebutkan diperbolehkan tidak mematuhi permintaan mereka.

"Kalau dari UU KPU, KPU boleh membuat PKPI yang berbeda pandangan dengan DPR," kata Wahyu di Gado - Gado, Boplo, Jalan Gereja Theresia, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (26/5/2018).

Wahyu menjelaskan bahwa KPU memiliki alasan sendiri atas larangan mantan narapidan koruptor ikut caleg.

"KPU memperluas tafsir UU tersebut, sebah korupsi merupakan kejadian yang sangat luar biasa, kita akan keluarkan PKPU karena sesuai dengan hasil rapat pleno dan telah kita sampaikan kepada pimpinan Komisi II," ucapnya.

Sebelumnya, DPR, pemerintah dan Bawaslu menilai PKPU soal pelarangan mantan napi korupsi tidak sesuai UU 7/2017 tentang Pemilu.

Bahkan KPU dinilai telah melampaui kewenangan karena harusnya pelarangan mantan napi korupsi yang ikut nyaleg diputuskan oleh Pengadilan. [rok]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x