Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 20:48 WIB

Penolakan Dokter ke Fredrich Sudah Tepat

Oleh : Agus Irawan | Jumat, 25 Mei 2018 | 16:12 WIB

Berita Terkait

Penolakan Dokter ke Fredrich Sudah Tepat
Ahli medikolegal dari Universitas Indonesia (UI) Prof. dr. Budi Sampurna

INILAHCOM, Jakarta - Ahli medikolegal dari Universitas Indonesia (UI) Prof. dr. Budi Sampurna mengatakan tindakan yang dilakukan Michael Cahaya dokter RS Medika Permata Hijau, Jakarta, yang menolak permintaan Fredrich Yunadi untuk membuat surat keterangan atas nama Setya Novanto sudah tepat.

"Apa yang dilakukan dokter Michael yang menolak permintaan tersebut karena memberikan keterangan atau bertentangan dengan keilmuan adalah hal yang benar," kata Budi saat menjadi saksi ahli atas perintangan dan penyidikan KPK Setya Novanto, terdakwa, dokter Bimanesh Sutardjo di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Jumat (25/5/2018).

Budi mengaku hal yang wajar jika seorang dokter menolak merawat seorang pasien yang tidak mau diajak bekerja sama.

"Pasien dapat ditolak kalau permintaanya bukan penanganannya atau tugasnya, kalau ada pasien mintanua berlebihan dan dokter tidak mampu mempertahankan argumenya, atau kerjasama bisa menolaknya," ucap Budi.

Sebelumnya, dokter Michael adalah salah seorang dokter RS Permata Hijau yang bertugas sebagai dokter jaga Instalansi Gawat Darurat ( IGD) RS Permata Hijau saat terjadinya insiden kecelakaan terpidana korupsi e- KTP Setya Novanto.

Ketika itu, mantan kuasa hukum Novanto, Fredrich meminta Michael untuk membuat surat keterangan kecelakaan agar Novanto dirawat inap.

Tetapi, Michael menolak dengan alasan permintaan Fredrich tidak masuk akal, karena saat meminta surat keterangan tersebut posisi Novanto belum berada di rumah sakit.[jat]

Komentar

Embed Widget
x