Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 November 2018 | 13:59 WIB

Pemerintah Tak Ambisius Terapkan Sistem Online

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Jumat, 25 Mei 2018 | 01:21 WIB

Berita Terkait

Pemerintah Tak Ambisius Terapkan Sistem Online
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Staf Khusus Presiden, Ahmad Erani Yustika mengatakan pemerintah tidak terlalu ambisius menerapkan sistem perizinan terintegrasi atau online single submission, karena sistem ini sudah ada sejak dulu hanya beda nama.

"OSS (online single submission) bukan hal yang baru, dulu ada namanya PTSP (pelayanan terpadu satu pintu). Cuma, dulu masing-masing kabupaten punya sendiri dan pemerintah pusat ada sendiri. Nah, sekarang kita ingin model seperti itu diintegrasikan menjadi satu makanya namanya OSS," kata Erani di Kompleks Sekretariat Negara, Kamis (24/5/2018).

Ia menjelaskan dengan adanya sistem terintegrasi atau online single submission ini diharapkan dari pemerintah kabupaten, pemerintah kota, pemerintah provinsi sampai ke pemerintah pusat itu terintegrasi.

"Sehingga, tidak ada lagi kabupaten yang peringkatnya bagus sekali dan ada juga kabupaten yang benar-benar tertingga dan iklim investasinya berbeda," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah ingin membangun gerakan penguatan investasi lewat perizinan yang terpadu. Karena, memang problem perizinan menjadi titik lemah untuk iklim investasi di Indonesia.

"Jadi, kalau dibilang ini ambisius tidak juga karena memang sudah ada upaya seperti itu tapi ini terintegrasikan," jelas dia.

Erani mengatakan dalam rapat paripurna kabinet beberapa hari lalu juga sudah dibahas konsepnya telah matang termasuk sistemnya.

Sehingga sistem itu tinggal dijalankan dengan penambahan adanya sanksi kepada institusi yang tidak komit dalam hal ini.

"Tapi kalau sistem tinggal dijalankan saja, Insya Allah ini bukan ambisius. Sesuatu yang bisa dilakukan dalam jagka panjang dan sangat diperlukan untuk mendorong investasi kedepan," tandasnya.[jat]

Komentar

Embed Widget
x