Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 November 2018 | 08:14 WIB

OTT Bupati Buton Selatan Terkait Pilkada Sultra?

Oleh : Ivan Setyadhi | Kamis, 24 Mei 2018 | 10:11 WIB

Berita Terkait

OTT Bupati Buton Selatan Terkait Pilkada Sultra?
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ikut diamankannya pihak dari lembaga survei dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) Bupati Buton Selatan menimbulkan dugaan praktik suap terkait masalah politik.

Bupati Buton Selatan, Agus Feisal Hidayat dan sembilan orang lainnya dalam operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu (23/5/2018). Diduga, suap yang melibatkan Agus ini terkait dengan Pilkada Sulawesi Tenggara.

"Kami belum bisa simpulkan saat ini apakah ada kaitan langsung dengan proses Pilkada atau tidak," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (24/5/2018).

Agus diketahui merupakan anak dari mantan Bupati Buton, Sjafei Kahar yang saat ini maju sebagai calon wakil gubernur Sulawesi Tenggara mendampingi mantan Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud. Pasangan ini didukung oleh PKB, PPP, dan Partai Demokrat.

"Yang bisa disampaikan faktanya ada konsultan lembaga survei yang diamankan. Apakah nanti ada relasinya dengan peristiwa Pilkada atau pendanaan Pilkada tentu perlu kita kroscek dan klarifikasi lebih dulu," katanya.

Sebanyak 10 orang yang diringkus dalam OTT ini sempat diperiksa di Mapolres Baubau. Dari 10 orang yang diamankan, terdapat tujuh orang yang dibawa ke Jakarta melalui jalur udara pada Kamis (24/5/2018) pagi.

Di Jakarta, ketujuh orang yang terdiri dari Bupati Buton Selatan, staf, konsultan lembaga survei dan pihak swasta itu akan diperiksa secara intensif di Gedung KPK.

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak tersebut. Febri berjanji akan membeberkan secara rinci OTT ini dalam konferensi pers yang rencananya digelar pada Kamis (24/5/2018) sore. [ton]

Komentar

Embed Widget
x